Pengembangan perangkat pembelajaran tematik tema lingkungan berorientasi multople-intelligences untuk kelas 2 dekolah dasar / Krisdiana Enrika Puteri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran tematik tema lingkungan berorientasi multople-intelligences untuk kelas 2 dekolah dasar / Krisdiana Enrika Puteri

Puteri, Krisdiana Enrika (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran tematik tema lingkungan berorientasi multople-intelligences untuk kelas 2 dekolah dasar / Krisdiana Enrika Puteri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puteri Krisdiana Enrika 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Tema Lingkungan Berorientasi Multiple Intelligences untuk Kelas 2 Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Dr. M. Ramli M.A Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Tematik Multiple Intelligences Perangkat pembelajaran merupakan perlengkapan yang dibutuhkan oleh guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran. Secara teori perangkat pembelajaranmemilikiperan yang sangatpentingkarenaberfungsisebagaialat bantu untukmencapaitujuanpembelajaran. Berdasarkan observasi di SDN 01 Sumoroto ditemukan fakta bahwa perangkat pembelajaran tematik yang digunakan belum sesuai dengan tuntutan kurikulum. Perangkat pembelajaran yang dibuat guru cenderung kurang memperhatikan prinsip-prinsip pembuatan perangkat pembelajaran yang benar kurang memaksimalkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar serta belum sesuai dengan karakteristik siswa. Aktivitas pembelajaran masih bersifat konvensional sedikitnya peluang bagi siswa untuk aktif selama pembelajaran dan rendahnya minat belajar siswa diindikasikan sebagai dampak dari kurang tepatnya perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu alternatif pemecahan masalah di atas yaitu dengan cara mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dengan melibatkan berbagai kecerdasan yang mereka miliki selama kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran tematik yang dikembangkan yaitu silabus jaring-jaringkonseptema dan RPP tematik yang dilengkapi dengan LKS daninstrumenpenilaian yang berorientasi Multiple Intelligences (MI). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tematik yang (1) valid secara teoretik (2) memiliki tingkat keterlaksanaan dan kemanfaatan yang tinggi dan (3) efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran tematik tema lingkungan berorientasi MI ini menggunakan model pengembangan penyederhanaan dari Borg Gall yang meliputi (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) desain produk (4) validasi produk (5) uji coba produk skala terbatas dan (6) produk akhir. Padatahapperencanaanpenelitian ini agar lebihjelas penelitimenggunakanbeberapalangkahperencanaanpembelajaran yang dimodifikasidari Dick Carrey. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba skala terbatas yang telah dilakukan maka perangkat pembelajaran tematik tema lingkungan berorientasi MI ini dapat dikatakan valid secara teoretik memiliki tingkat keterlaksanaan dan kemanfaatan yang sangat tinggi serta sangat efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran pada tema lingkungan siswa kelas 2 SDN 01 Sumoroto Ponorogo. Saran bagi penelitianselanjutnyayakni (1) dapat dikembangkanujicobanyamenggunakandesaineksperimenataumengujiperbedaan mean baikpadaskalaterbatasmaupunskalaluas serta (2) memperbanyak kegiatan bagi siswa yang disesuaikan dengan kecenderungan kecerdasan dominan yang mereka miliki

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62689

Actions (login required)

View Item View Item