Rizal, Muhammad (2014) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Peukan Baro / Muhammad Rizal. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rizal Muhammad. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Multi Representasi Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Peukan Baro. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar IPA Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si (II) Dr. Munzil M.Si. Kata Kunci inkuiri terbimbing multi representasi keterampilan proses sains penguasaan konsep IPA 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP bertujuan agar siswa dapat melakukan inkuiri ilmiah meningkatkan keterampilan dan pengetahuan konsep IPA. Keterampilan proses sains berperan penting mengatasi kesulitan-kesulitan siswa dalam pembelajaran. Kesulitan siswa dalam merumuskan masalah dan hipotesis dalam pembelajaran inkuiri terbimbing dapat disebabkan karena demonstrasi dari guru yang tidak bersifat multi representatif. Penggunaan multi representasi bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep-konsep IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa SMP. 12288 12288 12288 12288 Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan post-test only control group design dengan melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Peukan Baro yang dipilih secara simple random sampling. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran inkuri terbimbing dengan multi representasi dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing. Data penguasaan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa diperoleh dari hasil post-test. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan penguasaan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA adalah uji Independent-sample t test dan hubungan keterampilan proses sains dengan penguasaan konsep ipa menggunakan uji pearson correlation. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penguasaan keterampilan proses sains siswa yang belajar menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi tidak berbeda dengan penguasaan keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing 2) penguasaan konsep IPA siswa yang belajar menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi berbeda dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan 3) terdapat hubungan antara keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa dalam pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi. Saran yang dapat dikemukakan adalah agar guru membelajarkan siswa dengan multi representasi yang terintegrasi dalam pembelajaran inkuiri terbimbing sehingga siswa akan lebih mudah pada saat mengikuti pembelajaran. Guru juga harus meninggalkan penggunaan LKS individu karena dapat menyebabkan terjadinya pembelajaran yang individualis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62683 |
Actions (login required)
View Item |