Wahyuni, Sri (2014) Penerapan metode bermain berbantuan media manipulatif dalam pembelajaran penjumlahan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II A SDN Blimbing 3 Malang / Sri Wahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wahyuni Sri. 2013. Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Manipulatif dalam Pembelajaran Penjumlahan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas II A SDN Blimbing 3 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A(2) Dr. Subanji M.Si Kata Kunci metode bermain madia manipulatif motivasi belajar hasil belajar Penerapan pembelajaran matematika di kelas umumnya diawali dengan guru menyampaikan materi kemudian diselingi dengan tanya jawab dan diakhiri dengan menyelesaikan soal latihan. Siswa kurang terlibat kurang berani bertanya dan atau menjawab serta lambat dalam menyelesaikan tugas. Siswa cenderung pasif berperan sebagai penerima pengetahuan dari guru. Siswa kurang termotivasi untuk belajar. Akibatnya hasil belajar yang dicapai kurang dari standar minimal yang diinginkan. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode bermain berbantuan media manipulatif dalam pembelajaran penjumlahan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bermain berbantuan media manipulatif pada pembelajaran penjumlahan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II A SDN Blimbing 3 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain berbantuan media manipulatif dalam pembelajaran penjumlahan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II A SDN Blimbing 3 Malang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I bermain Nilai Huruf dengan langkah (1) menentukan huruf (2) menuliskan bilangan sesuai nilai huruf yang dirancang (3) menuliskan model penjumlahan (4) melakukan penjumlahan dan (5) menghitung hasil penjumlahan. Siklus II bermain Acak Bilangan dengan langkah kegiatan (1) mengambil kartu bialngan secara acak (2) menyusun bilangan sesuai dengan bilangan pada kartu (3) menuliskan model penjumlahan cara bersusun (4) melakukan penjumlahan dan (5) menghitung hasil penjumlahan. Dalam melakukan dan menghitung hasil penjumlahan dilakukan dengan menggunakan media bantu Stick Ice Cream dan Gelas Plastik. Tiap kelompok berdiskusi bereksplorasi dan memanipulasi media yang telah dipersiapkan dengan bermain. Hasil kerja kelompok dipresentasikan di depan kelas. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang sangat tinggi sebelum tindakan tampak kurang menjadi 82% pada siklus I dan 90% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar juga meningkat dari sebelum tindakan tindakan siklus I dan II dapat ditunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas dari 76 menjadi 87 dan 91 siswa yang tuntas dari 20 menjadi 26 dan 30 dan ketuntasan klasikal dari 61% menjadi 79% dan 91%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru kelas II hendaknya menggunakan metode bermain berbantuan media manipulatif untuk mengurangi kelemahan dalam pembelajaran matematika. Bagi sekolah dapat dijadikan sebagai bahan inspirasi dalam pembinaan untuk peningkatan mutu pembelajaran. Bagi peneliti lanjut disarankan untuk mengembangkan penelitian ini dalam penelitian sejenis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62680 |
Actions (login required)
View Item |