Astuti, Rohiyana (2014) Perbedaan sikap sosial dan hasil belajar IPS menggunakan model Student Team Achievement Divisions (STAD) dipadu quiz-quiz trade dengan pembelajaran konvensional (studi pada siswa kelas VII SMPN 5 Sikur Lombok Timur) / Rohiyana Astuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Astuti Rohiyana. 2014. Perbedaan Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Student Team Acvievement Divisions (STAD) Dipadu Quiz-quiz Trade dengan Pembelajaran Konvensional (Studi pada Siswa Kelas VII SMPN 5 Sikur Lombok Timur). Tesis.JurusanPendidikanDasar Konsentrasi IPS PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I)Prof. Dr. Sudarmiatin M. Si (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata Kunci Sikap Sosial Hasil Belajar Model STAD dipadu Quiz-Quiz Trade Mata pelajaran IPS mengkaji berbagai aspek kehidupan masyarakat yang begitu menarik dan didukung oleh banyak disiplin ilmu dan dapat disampaikan menggunakan beragam model pembelajaran yang aktif inovatif kreatif efektif menyenangkan gembira dan berbobot.Kegiatan pembelajaran akan berhasil jika banyak melibatkan keaktifan siswa. Perlu pemilihan model pembelajaran yang dapat membuat siswa bekerjasama belajar dan berinteraksi dengan baik. Salah satu model yang dikembangkan yaitu pembelajaran kooperatif. Model yang dimaksud adalah model Student Team Achievement Divisions(STAD) dipadu Quiz-quiz Trade. Pembelajaran model STAD dipadu Quiz-quiz Tradeini diharapkan dapat menjadi sarana yang tidak hanya dapat mengembangkan hasil belajar namun juga sikap sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan sikap sosial dan hasil belajar IPS pada kelas yang menggunakan model STAD dipadu Quiz-quiz Trade STAD dan pembelajaran konvensional Penelitian ini dirancang menggunakan model eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengandesainpretest-postest control group design.Subjekpenelitianadalahseluruh siswa kelas VII SMPN 5 Sikur Lombok Timur tahun ajaran 2012/2013 sebanyak tiga kelas. Kelas eksperimen 1menggunakan model STADdipadu Quiz-quiz Trade kelas eksperimen 2 menggunakan modelSTAD dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Model pembelajarandengandimensiberupamodelSTADdipaduQuiz-quiz Trade STADdanpembelajarankonvensionalmerupakanvariabelbebas sedangkanvariabelterikatnyaadalahsikapsosialdanhasilbelajarIPS.Data hasil penelitian merupakan data sikap sosial yang diukur menggunakan angket dan hasil belajar IPS yang diukurmenggunakansoalpilihanganda.Data yang diperolehdianalisissecaradeskriptifdan dianalisismenggunakanOne Way AnovadenganbantuanSPSS 20 for Windows. Hasilpenelitianmenunjukkan (1) ada perbedaan sikap sosial pada kelas yang menggunakan model STAD dipadu Quiz-quiz Trade dengan STAD hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0 003 (2)ada perbedaan sikap sosial pada kelas yang menggunakan model STAD dipadu Quiz-quiz Trade dengan pembelajaran konvensional dengan nilai signifikan sebesar 0 000 (3) ada perbedaan sikap sosial pada kelas yang menggunakan model STAD dengan pembelajaran konvensional dengan nilai signifikan sebesar 0 039 (4) ada perbedaan hasil belajar menggunakan model STAD dipadu Quiz-quiz Tradedengan STAD yang ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0 005 (5) adaperbedaan hasil belajar pada kelas yang menggunakan model STAD dipadu Quiz-quiz Trade dengan pembelajaran konvensional dengan nilai signifikan sebesar 0 000 (6)ada perbedaan hasil belajar pada kelas yang menggunakan model STAD dengan pembelajaran konvensional yang ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0 032. Atasdasarhasilpenelitian tersebut direkomendasikanpenggunaan model STAD dipdu Quiz-quiz Tradeuntukmemberdayakansikap sosial dan hasilbelajarIPS di SMPN 5 Sikur sedangkan untuk penggunaan di sekolah lain perlu adanya penyesuaian terkait kondisi sekolah yang berbeda. Rekomendasi ini berdasarkan pada temuan bahwamodel STAD dipadu Quiz-quiz Trademampu menciptakan suasana belajar aktif memotivasi siswa untuk berkompetisi membiasakan bekerjasama dan membentuk sikap sosial antara siswa yang satu dengan yang lainnya tanpa melihat adanya perbedaan diantara mereka sehingga dapat memberikan hasil belajar yang tinggi. Meskipun model STAD dipadu Quiz-quiz Trade menunjukkan dominasi dalam meningkatkan sikap sosial dan hasil belajar IPS namun perlu diperhatikan dan disadari bahwa tidak semua materi IPS harus diajarkan dengan model STAD dipadu Quiz-quiz Trade. Bagi penelitian selanjutnya perlu memperhatikan kemungkinan munculnya internal threat dan interaksi kelas antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol sehingga tidak mengganggu eksperimen yang dilakukan. Penelitian iniperludikembangkanpadamateri yang lain dengan tidak hanya melihat sikap dan hasil belajar karena dalam pembelajaran koopertaif banyak hal yang dapat diamati seperti self estem sosial skill self efikasi dll.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62679 |
Actions (login required)
View Item |