Asriyanti, Frita Devi (2014) Penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN II Kendalbulur Tulungagung / Frita Devi Asriyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Asriyanti Frita Devi. 2013. Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN II Kendalbulur Tulungagung. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. (2) Prof.Dr. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. Kata Kunci Metode SQ3R Aktivitas Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi di sekolah peneliti menemukan anak-anak yang tidak gemar membaca sehingga mereka sulit untuk bisa memahami isi bacaan apalagi untuk menemukan sesuatu informasi yang dianggap penting pada bacaan. Hal ini mengakibatkan hasil belajar yang tidak memuaskan menimpa sebagian besar siswa utamanya pada siswa kelas IV. Dari 21 siswa di kelas IV hanya 2-3 siswa saja yang dapat mencapai nilai KKM 70% yang ditentukan oleh sekolah. Dikarenakan latar belakang itulah peneliti akhirnya mengambil penelitian tindakan kelas yang berjudul Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN II Kendalbulur Tulungagung . 12288 12288 12288 12288 SQ3R merupakan suatu metode membaca yang sangat baik untuk kepentingan membaca secara intensif dan rasional. Metode membaca ini baik untuk keperluan studi yang dianjurkan oleh seorang guru besar psikologi dari Ohio State University yaitu Prof. Francis P. Robinson tahun 1941. 12288 12288 12288 12288 Aktivitas belajar adalah segala kegiatan yang dilakukan dalam proses interaksi (guru dan siswa) dalam rangka mencapai tujuan belajar. Aktivitas yang dimaksudkan di sini penekanannya adalah pada siswa sebab dengan adanya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran terciptalah situasi belajar aktif yang menekankan keaktifan siswa secara fisik mental intelektual dan emosional guna memperoleh hasil belajar yang berupa perpaduan antara aspek kognitif afektif dan psikomotor. 12288 12288 12288 12288 Hasil belajar merupakan suatu penilaian akhir dari proses dan pengenalan yang telah dilakukan berulang-ulang dan akan tersimpan dalam jangka waktu yang lama atau bahkan tidak akan hilang selama-lamanya karena hasil belajar ikut membentuk pribadi individu yang selalu ingin mencapai hasil yang lebih baik lagi sehingga akan merubah cara berfikir serta menghasilkan perilaku yang lebih baik. 12288 12288 12288 12288 Metode pembelajaran SQ3R pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) secara garis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I pertemuan pertama kedua dan ketiga serta siklus II pada pertemuan pertama kedua dan ketiga dengan nilai rata-rata pada pra tindakan 58 86 setelah diberi tindakan pada siklus I pertemuan pertama 62 86 pada siklus I pertemuan kedua 61 90 dan pada siklus I pertemuan ketiga 73 33. Pada tahap pelaksanaan siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata kelas mencapai 67 38 siklus II pertemuan kedua nilai rata-rata kelas mencapai 73 33 siklus II pertemuan ketiga rata-rata kelas mencapai 78 57. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode pembelajaran SQ3R.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62677 |
Actions (login required)
View Item |