Lestari, Sri (2014) Penerapan pembelajaran kontektual bermedia obyek nyata pada operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Poncokusumo 01 Malang / Sri Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sri Lestari. 2014. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Bermedia Obyek Nyata pada Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Poncokusumo 01. Tesis. Progran Studi Pendidikan Dasar Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. (2) Prof. Dr.Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. Kata Kunci pembelajaran kontekstual media obyek nyata motivasi hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil wawancara pada siswa kelas IVB SDN Poncokusumo 01 didapatkan informasi bahwa matematika dianggap pelajaran yang paling sulit. Hasil observasi selama pembelajaran perkalian dan pembagian dilakukan menyampaikan materi lebih dahulu kemudian latihan soal-soal. Pemberian soal langsung dalam bentuk kalimat matematika tidak dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari. Selama pembelajaran tidak digunakan alat peraga untuk membantu memperjelas konsep. Pelaksanaan pembelajaran perkalian dan pembagian siswa cenderung diberi tugas menghafalkan bukan pemahaman konsep. Siswa kurang diberi kesempatan mengeluarkan ide karena pembelajaran didominasi oleh guru. Pada waktu pembelajaran siswa pasif dan motivasi siswa kurang. Permasalahan ini menyebabkan motivasi dan hasil belajar kurang. Nilai rata-rata kelas dari 20 siswa 58 dan jumlah siswa tuntas hanya 40%. Untuk mengatasi hal ini dilakukan penerapan pembelajaran kontekstual bermedia obyek nyata menggunakan gelas dan biji kacang pada operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan 2 siklus tiap siklus ada 3 pertemuan. Strategi pembelajaran meliputi relating experincing appliying cooperating dan tranferring dan memilki tujuh komponen pembelajaran yaitu konstruktivisme (constructivism) menemukan (inquiry) mengajukan pertanyaan (questioning) masyarakat belajar (learning community) permodelan (modeling) refleksi (reflection) dan penilaian sesungguhnya (assesment). 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil observasi dan penjaringan angket motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata jumlah siswa pada kategori Baik atau Sangat Baik pada siklus I 73 75% siklus II 97 5% meningkat 23 75%. Hasil wawancara menunjukkan siswa senang belajar dalam kelompok digunakannya media obyek nyata membuat mereka lebih mengerti. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan 58 siswa yang tuntas 8 (80%) siklus I 69 4 siswa tuntas 14 (70%) pada siklus II 76 9 siswa tuntas 17 (85%) belum tuntas 3. Dengan demikian nilai rata-rata dari pra tindakan sampai ke siklus II ada peningkatan 18 9%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual bermedia obyek nyata dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62670 |
Actions (login required)
View Item |