Dwiharini, Dila Mei (2014) Peningkatan keaktifan, kreativitas dan prestasi belajar melalui pembelajaran tematik tema sayangi hewan dan tumbuhan sekitar dengan media bervariasi pada siswa kelas III SDN Pisangcandi 4 Kota Malang / Dila Mei Dwiharini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dwiharini Dila.Mei. 2014. Peningkatan Keaktifan Kreativitas dan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Tematik Tema Sayangi Hewan dan Tumbuhan Sekitar dengn Media Bervariasi pada Siswa Kelas III SDN Pisangcandi 4 Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (2) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci pembelajaran tematik media bervariasi peningkatan keaktifan kreativitas prestasi belajar. Tingkat perkembangan siswa usia SD khususnya anak usia kelas 3 SD berada pada rentangan usia dini yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan sehingga pembelajarannya masih bergantung pada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialaminya. Berdasarkan observasi pendahuluan yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran di kelas II SDN Pisang Candi 4 Kota Malang banyak mengalami kesulitan belajar khususnya pada tema sayangi hewan dan tumbuhan di sekitar. Hasil tes yang dilakukan menunjukkan bahwa dari 26 siswa terdapat 8 siswa (31%) mendapat nilai di atas KKM 4 siswa (15%) mendapat nilai pada KKM dan 14 siswa (54%) mendapat nilai di bawah KKM dari KKM yang ditetapkan sebesar 75. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik dengan media bervariasi pada siswa kelas III SDN Pisangcandi 4 Malang (2) Mendeskripsikan peningkatan proses belajar siswa kelas III melalui penerapan pembelajaran tematik dengan media bervariasi di SDN Pisangcandi 4 Malang (3) Mendeskripsikan peningkatan keaktifan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas III melalui penerapan pembelajaran tematik dengan media bervariasi di SDN Pisangcandi 4 Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklusnya dilaksanakan selama 4 hari. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Pisangcandi 4 Kota Malang pada semeser ganjil tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi catatan lapangan wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian penerapan pembelajaran tematik dengan media bervariasi menunjukkan bahwa proses dan presatasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan bahwa keaktifan siswa dari siklus I mencapai 60% meningkat pada siklus II menjadi 71% kreativitas siswa dari siklus I sebesar 73% meningkat pada siklus II menjadi 82% dan prestasi belajar siswa dari siklus I 65% meningkat pada siklus II menjadi 84%. Rata-rata prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari tes pratindakan sebesar 46% setelah proses pembelajaran tematik siklus I nilai rata-rata 62% meningkat di siklus II menjadi 84 61%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru menggunakan pembelajaran tematik dengan media dan kegiatan yang bervariatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62668 |
Actions (login required)
View Item |