Penerapan pembelajaran tematik pada tema kegiatanku untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumbersari I Kota Malang / Abdul Hafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran tematik pada tema kegiatanku untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumbersari I Kota Malang / Abdul Hafi

Abdul, Hafi (2014) Penerapan pembelajaran tematik pada tema kegiatanku untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumbersari I Kota Malang / Abdul Hafi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hafi Abdul. 2014. Penerapan Pembelajaran Tematik pada Tema Kegiatanku untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Sumbersari I Kota Malang.Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Dr. Fattah Hanurrawan M.Si. M.Ed. Kata kunci pembelajaran tematik kualitas proses pembelajaran aktivitas belajar hasil belajar. Pembelajaran bagi siswa SD kelas awal yang menyajikan mata pelajaran secara terpisah menyebabkan kurang mengembangkan siswa untuk berpikir holistik dan membuat mereka sulit memusatkan perhatian pada permasalahan tertentu. Akibatnya pembelajaran kurang bermakna aktivitas belajar siswa pada pembelajaran cenderung rendah dan hasil belajar siswa menjadi kurang memadai. Berdasarkan pengamatan tingkat kualitas proses pembelajaran baru mencapai 40% aktivitas belajar 25% dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumbersari I Kecamatan Lowokwaru Kota Malang rata-rata 68 8 sedangkan jumlah persentase siswa yang telah tuntas dalam materi ini hanya 55%. Yang berarti masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) siswa kelas III untuklima matapelajaran yaitu rata-rata 70. Dengan data awal tersebut di atas maka diadakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimanapenerapan pembelajaran tematik dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran (2) bagaimanapenerapan pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan (3) bagaimanapenerapan pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumbersari 1 Kota Malang Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 (tiga) siklus. Siklus I dengan enam kali pembelajaran yaitu selama satu minggu yang dilaksanakan pada tanggal 29 April sampai dengan 4 Mei 2013. Siklus II mulai tanggal 13-18 Mei 2013 dan siklus III mulai 27 Mei 2013 sampai dengan 1 Juni 2013 di SDN Sumbersari I dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menerapkan pembelajaran tematik dengan tema kegiatanku kualitas proses pembelajaran aktivitas belajar dan hasil belajar siswa masih kurang memuaskan. Sesudah menerapkan pembelajaran tematik dengan tema kegiatanku kualitas proses pembelajaran aktivitas belajar dan hasil belajar siswa meningkat. Terbukti kualitas proses pembelajaran dari 40% meningkat menjadi 64% pada siklus I pada siklus II meningkat menjadi 74% dan akhirnya meningkat lagi menjadi 86% saat siklus III. Aktivitas belajar dari 25 % meningkat menjadi 66% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 71% serta pada siklus III meningkat lagi menjadi 88%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata 68 8 meningkat menjadi 69 3 pada siklus I dan meningkat menjadi 75 pada siklus II sedangkan pada siklus II meningkat lagi menjadi rata-rata 80. Kesimpulan penelitian ini adalah (1)penerapan pembelajaran tematik pada tema kegiatanku dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran (2) penerapan pembelajaran tematik pada tema kegiatanku dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan (3) penerapan pembelajaran tematik pada tema kegiatanku dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumbersari I Kota Malang. Saran penulis berkaitan dengan hasil penelitian tindakan kelas ini adalah (1) sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung diterapkannya pembelajaran tematik (2) peneliti lanjut agar mencoba meneliti lagi penerapan pembelajaran tematik yang secara penuh membuat siswa aktif belajar dan (3) guru kelas III hendaknya menerapkan pembelajaran tematik pada setiap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62646

Actions (login required)

View Item View Item