Sesanti, Nyamik Rahayu (2013) Peningkatan berfikir kreatif matematika melalui problem solving siswa SDN Sambigede 03 Sumberpucung Kabupaten Malang / Nyamik Rahayu Sesanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sesanti Nyamik Rahayu. 2013. Peningkatan Berfikir Kreatif Matematika Melalui Pendekatan Problem Solving Siswa SDN Sambigede 03 Sumberpucung Kabupaten Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Konsentrasi Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc. (II) Dr. Sri Mulyati M.Pd. Kata kunci berfikir kreatif matematika problem solving Meningkatkan kreatifitas siswa dan kemampuan berfikir kreatif melalui aktifitas kreatif dalam pembelajaran matematika adalah penting kerena aktifitas-aktifitas kreatif tersebut sangat dibutuhkan dalam pemecahan masalah. Sedangkan pemecahan masalah memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika karena matematika bukan hanya dilihat sebagai kumpulan konsep-konsep dan fakta akan tetapi merupakan proses yang dipelajari dan kemudian diterapkan untuk mencari selesaian suatu permasalahan. Begitu juga pemecahan masalah memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari karena manusia dalam kehidupannya senantiasa membutuhkan kreatifitas untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti peningkatan berfikir kreatif matematika melalui pendekatan Problem Solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan pendekatan Problem Solving yang dapat meningkatkan berfikir kreatif matematika pada siswa kelas IV SDN Sambigede 03 Sumberpucung Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Dalam hal ini peneliti berperan sebagai pemberi tindakan instrumen kunci pelapor hasil penelitian dan pewawancara terhadap subjek penelitian. Data penelitian ini berupa hasil kajian dari jawaban tes siswa dan hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunakan lembar observasi kegiatan siswa lembar observasi kegiatan guru pedoman penilaian berfikir kreatif dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan problem solving yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematika siswa terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap awal yang meliputi penyampaian tujuan pembelajaran memotivasi siswa mengingatkan kembali materi prasyarat dan pembetukan kelompok (2) pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan problem solving yaitu memberikan masalah matematika yang disajikan pada LKS proses menyelesaikan masalah dengan menggunakan alat peraga presentasi hasil (3) tahap akhir yang meliputi pemberian quis dan kesimpulan. Kreativitas disebut meningkat jika memenuhi kriteria (a) pengerjaan LKS siswa (secara berkelompok) menunjukkan minimal 3 kelompok berada pada kategori kreatif untuk indikator kelancaran dan fleksibelitas (b)hasil tes menunjukkan minimal 80% siswa berada pada kategori kreatif untuk indikator kelancaran dan fleksibelitas. Hasil siklus I pada penelitian ini adalah semua kelompok berada pada kategori kreatif dan 72% siswa berada pada kategori kreatif untuk indikator kelancaran dan fleksibelitas. Pada siklus II semua kelompok berada pada kategori kreatif dan lebih dari 80% siswa berada pada kategori kreatif untuk indikator kelancaran dan fleksibelitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62638 |
Actions (login required)
View Item |