Pengaruh penggunaan model role playing dengan media video terhadap hasil belajar IPS (studi eksperimen pada siswa kelas V SDN Gondangwetan 1 Pasuruan) / Raran Suci Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model role playing dengan media video terhadap hasil belajar IPS (studi eksperimen pada siswa kelas V SDN Gondangwetan 1 Pasuruan) / Raran Suci Lestari

Lestari, Raran Suci (2013) Pengaruh penggunaan model role playing dengan media video terhadap hasil belajar IPS (studi eksperimen pada siswa kelas V SDN Gondangwetan 1 Pasuruan) / Raran Suci Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran role playing media video hasil belajar Secara garis besar terdapat keragu-raguan dari peneliti yakni berdasarkan penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa terdapat dampak yang positif penggunaan metode role playing terhadap meningkatnya kemampuan berpikir kritis dan kepekaan sosial siswa kelas IX SMP dan belum tentu sesuai dengan karakteristik siswa SDN Gondangwetan 1 Pasuruan yang terbiasa menggunakan model konvensional. Berdasarkan uraian di atas penulis ingin membuktikan model mana yang lebih efektif digunakan dalam pembelajaran IPS diantara model konvensional dan model role playing dipadu dengan media video dengan mengadakan penelitian eksperimen. Penelitian ini memiliki rumusan masalah diantaranya untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Role Playing dengan media video pada pelajaran IPS Kelas V di SDN Gondangwetan I Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2012/2013 untuk mengetahui ada perbedaan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan media video dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional pada siswa kelas V di SDN Gondangwetan 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2012/2013 dan mengetahui respon siswa setelah penerapan model pembelajaran Role Playing dengan media video pada pelajaran IPS Kelas V di SDN Gondangwetan I Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang disebabkan perlakuan pada kelas eksperimen. Pengaruh positif yang disebabkan oleh model pembelajaran Role Playing dengan media video terhadap hasil belajar tampak dalam perubahan nilai rata-rata kelas eksperimen yang jauh berbeda dengan peningkatan rata-rata pada kelas kontrol. Perbedaaan peningkatan yang signifikan dapat terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen dari 54 64 menjadi 76 56 sedangkan pada kelas kontrol perbedaan tidak terlalu signifikan yaitu dari nilai rata-rata 58 86 menjadi 59 12. Hal ini didukung dengan sebagian besar siswa yang merespon positif proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan media video dengan rata-rata persentase respon siswa secara keseluruhan adalah 94% atau berada pada kategori Sangat Baik . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Role Playing dengan media video pada pelajaran IPS Kelas V di SDN Gondangwetan I memiliki kelemahan yaitu kekurangan dalam alokasi waktu pada waktu proses pembelajaran. Namun secara keseluruhan menunjukkan bahwa siswa terlihat sangat antusias dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan dan seluruh siswa terlibat aktif melakukan aktivitas bermain peran sesuai dengan perannya masing-masing dan menghayati setiap peran yang dimainkan. Keadaan ini menyebabkan tujuan pembelajaran IPS dapat tercapai dan rata-rata kelas mencapai di atas KKM yang ditentukan (2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS pre tes pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang dibuktikan dari hasil rata-rata pre tes kelas eksperimen sebanyak 54 64 dan kelas kontrol sebanyak 58 86 yang berarti berbeda secara signifikan dengan selisih beda sebesar 4 22. Pada kelas kontrol setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional ternyata rata-rata hasil belajar siswa meningkat tetapi tidak signifikan yaitu dari 58 86 menjadi 59 12. Sedangkan pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan media video ternyata setelah diukur rata-rata hasil belajar siswa meningkat sangat signifikan yaitu dari 54 64 menjadi 76 56. Jadi hasil belajar IPS kelas eksperimen dengan kelas kontrol berbeda signifikan hal ini dibuktikan rata-rata nilai gain score kelas eksperimen jauh lebih tinggi yaitu sebesar 21 92 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0 26 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing dengan media video lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (3)Respon siswa setelah penerapan model pembelajaran Role Playing dengan media video pada pelajaran IPS Kelas V di SDN Gondang Wetan I berada pada kriteria Sangat Baik . Secara keseluruhan rata-rata persentase respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan media video adalah sebesar 94% sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa berada pada kategori Sangat Baik . Sebagai tindak lanjut dari penelitian ini maka disarankan (1) Bagi para pembuat kebijakan khusus bidang studi IPS model pembelajaran role playing dengan media video dapat menjadi rujukan sebagai model pembelajaran alternatif untuk menghidupkan peristiwa sejarah sebagai salah satu bagian dari IPS (2) Bagi lembaga/sekolah penggunaan model pembelajaran role playing dengan media video perlu dikembangkan untuk model pembelajaran lain yang dipadukan dengan media yang sesuai (3) Bagi guru penerapan model pembelajaran role playing dengan media video perlu dilanjutkan untuk materi-materi lain yang sesuai karena penggunaan model ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa (4) Bagi siswa harus memiliki kesiapan pemahaman materi yang akan dimainkan dalam role playing dengan terlebih dahulu membaca dan mempelajari sebelumnya di rumah dan pemantapan konsep akan lebih baik dalam pembelajaran di kelas (5) Bagi peneliti lain penelitian dengan model pembelajaran role playing dengan media video pada tingkat SD masih perlu dilakukan dengan variabel penelitian yang lebih beragam dalam upaya peningkatan hasil pembelajaran di Indonesia karena penggunaan model pembelajaran ini menunjukkan gejala yang positif tetapi kondisi lokal mungkin akan menyebabkan hasil belajar yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62633

Actions (login required)

View Item View Item