Fatih, Mohamad (2013) Pengaruh pola asuh dan self efficacy terhadap hasil belajar IPA pada siswa SDN Kepanjenkidul 3 Kota Blitar / Mohamad Fatih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pola asuh self efficacy hasil belajar IPA Hasil belajar IPA merupakan tolok ukur maksimal dalam mata pelajaran IPA yang telah dicapai siswa setelah melakukan perbuatan belajar IPA selama waktu yang telah ditentukan bersama. Guna meraih pencapaian hasil belajar IPA yang maksimal diperlukanlah faktor pendukung. Beberapa faktor pendukung antara lain terdiri faktor ekternal yang meliputi pola asuh dan faktor internal yang meliputi self efficacy. Sehubungan dengan itu pola asuh dan self efficacy dapat dipertimbangkan dalam menentukan seberapa baik hasil belajar yang dapat dicapai oleh individu khususnya pada hasil belajar IPA. Tujuan penelitian ini (1) menjelaskan pengaruh pola asuh dan self efficacy terhadap hasil belajar IPA siswa SDN Kepanjenkidul 3 Kota Blitar secara parsial dan simultan (2) menjelaskan perbedaan pengaruh pola asuh permisif demokratis dan otoriter terhadap hasil belajar IPA siswa SDN Kepanjenkidul 3 Kota Blitar. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Penelitian korelasi ini dapat menerangkan sejauh mana pengaruh dua variabel bebas pola asuh (X1) dan self efficacy (X2) terhadap variabel terikat hasil belajar IPA (Y). Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV V dan VI SD Negeri Kepanjenkidul 3 Kota Blitar tahun pelajaran 2012-2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proposional random sampling. Perhitungan sampel dari penelitian ini menggunakan rumus slovin menghasilkan 132 siswa yang terbagi menjadi 7 kelas (IVA IVB VA VB VIA VIB VIC. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi terhadap nilai hasil belajar IPA. Sementara itu analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis statistik inferensial. Teknik analisis ini digunakan untuk menguji seberapa besar pengaruh secara parsial dan simultan dengan menggunakan regresi berganda. Kemudian untuk menguji daya beda pola asuh permisif demokratis dan otoriter terhadap hasil belajar IPA penelitian ini menggunakan analisis one way anova. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa di SDN Kepanjenkidul 3 Kota Blitar. (2) Self efficacy berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa di SDN Kepanjenkidul 3 Kota Blitar. (3) Pola asuh dan self efficacy berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa secara simultan di SDN Kepanjenkidul 3 Kota Blitar. Hasil penelitian regresi tentang pegaruh pola asuh terhadap hasil belajar IPA memiliki pengaruh yang signifikan dan berkontribusi 24 3%. (4) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa yang bersekolah di SDN Kepanjenkidul 3 Kota Blitar berdasarkan pola asuh permisif demokratis dan otoriter. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin baik pola asuh yang diterapkan orang tua dan semakin tinggi self efficacy yang dimiliki oleh seorang siswa maka siswa tersebut akan mengeluarkan usaha yang cukup besar agar mereka dapat meraih hasil belajar yang tinggi. Selanjutnya disarankan kepada orang tua dan guru agar pola asuh dan self efficacy dapat dijadikan suatu pertimbangan dalam menentukan seberapa baik hasil belajar yang dapat dicapai oleh individu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62632 |
Actions (login required)
View Item |