Wenda, Dhian Dwi Nur (2013) Pengembangan bahan ajar multimedia IPA kelas IV SD dengan strategi pembelaharan peta konsep (studi pada siswa kelas IV SDN Wandanpuro 04 Kabupaten Malang) / Dhian Dwi Nur Wenda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Bahan Ajar Multimedia Strategi Pembelajaran Peta Konsep. Penguasaan kompetensi oleh siswa terkait materi hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan masih kurang optimal. Hal tersebut dikarenakan guru sering mengalami kesulitan untuk memberikan gambaran secara nyata terkait materi ini. Keterbatasan media dan sumber belajar memaksa guru menyampaikan materi dengan metode ceramah. Terbatasnya sumber belajar dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa berdampak pada kurangnya ketertarikan siswa terhadap materi serta aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Permasalahan tersebut sebaiknya segera diselesaikan Alternatif pemecahan masalah yang dilakukan yaitu mengembangkan bahan ajar multimedia dengan strategi pembelajaran peta konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan (1) Produk bahan ajar multimedia dengan strategi pembelajaran peta konsep yang valid praktis menarik dan efektif (2) menguji kelayakan produk bahan ajar multimedia dengan strategi pembelajaran peta konsep yang meliputi validitas kepraktisan kemenarikan dan keefektifan produk serta (3) untuk mendeskripsikan keterterapan strategi pembelajaran peta konsep. Penelitian ini menggunakan model pengembangan modifikasi Borg Gall. Secara garis besar langkah-langkah penelitian ini yaitu (1) Studi Pendahuluan (2) Perencanaan (3) Desain Produk (4) Validasi Produk (5) Uji Coba Produk dan (6) Produk Akhir. Uji coba produk terdiri atas validasi ahli uji coba kelompok kecil dan uji coba terbatas. Kriteria bahan ajar berdasarkan uji validasi ahli adalah cukup valid. Kriteria kemenarikan awal bahan ajar berdasarkan uji coba kelompok kecil adalah sangat menarik. Uji coba terbatas dilakaukan untuk mengetahui kepraktisan kemenarikan keefektifan bahan ajar multimedia dan untuk mengetahui keterterapan strategi pembelajaran peta konsep. Kriteria berdasarkan hasil uji coba terbatas terkait dengan kepraktisan bahan ajar adalah bahan ajar multimedia masuk dalam kriteria sangat praktis hasil uji coba terkait dengan kemenarikan bahan ajar multimedia menunjukkan bahan ajar masuk dalam kriteria sangat menarik hasil uji coba terkait keefektifan bahan ajar menunjukkan bahwa bahan ajar efektif untuk digunakan sedangkan hasil observasi keterterapan strategi pembelajaran peta konsep menunjukkan bahwa strategi pembelajaran peta konsep dapat diterapkan dengan sangat baik. Berdasarkan data di atas bahan ajar multimedia dengan strategi pembelajaran peta konsep yang telah dikembangkan dapat dikatakan valid praktis menarik dan efektif. Sedangkan strategi pembelajaran peta konsep yang digunakan masuk dalam kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62621 |
Actions (login required)
View Item |