Perbedaan motivasi dan hasil belajar IPS dengan penerapan pembelajaran STAD bermedia video dan STAD nonvideo (Kelas VIII SMP Negeri 3 Kare, Kabupaten Madiun tahun 2013) / Robi'ul Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan motivasi dan hasil belajar IPS dengan penerapan pembelajaran STAD bermedia video dan STAD nonvideo (Kelas VIII SMP Negeri 3 Kare, Kabupaten Madiun tahun 2013) / Robi'ul Setiawan

Setiawan, Robi'ul (2013) Perbedaan motivasi dan hasil belajar IPS dengan penerapan pembelajaran STAD bermedia video dan STAD nonvideo (Kelas VIII SMP Negeri 3 Kare, Kabupaten Madiun tahun 2013) / Robi'ul Setiawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

etiawan Robi ul. 2013. Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar IPS dengan Penerapan STAD Bermedia Video dan STAD NonVideo (Kelas VIII SMP Negeri 3 Kare Kabupaten Madiun Tahun 2012). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar IPS Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Banu Siswoyo M.M (II) Dr. Syamsul Hadi M.Pd M.Ed. Kata Kunci Motivasi belajar hasil belajar dan STAD bermedia video Pemanfaatan media masih memiliki kendala dalam pembelajaran di sekolah termasuk pada mata pelajaran IPS. Permasalahan ini relevan dengan bukti empiris yang terjadi di lapangan khususnya dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kare. SMP Negeri 3 Kare merupakan SMP Negeri termuda yang berada di Kabupaten Madiun. Motivasi belajar merupakan faktor yang sangat penting dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kare. Motivasi belajar senantiasa ditumbuhkan untuk mencapai hasil belajar yang maksimal yaitu penguasaan materi IPS yang telah ditargetkan. Penerapan model pembelajaran STAD bermedia video di kelas VIII SMP Negeri 3 Kare diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran STAD bermedia video dan STAD non video (2) perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran STAD bermedia video dan STAD nonvideo dan (3) hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Variabel penelitian ini meliputi motivasi dan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kare Tahun Pelajaran 2012/2013 berjumlah 63 siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket atau kuesioner dan tes. Sebelum tes dan angket disebarkan untuk pengambilan data dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk angket yang akan digunakan. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kelas A (STAD bermedia video) dengan motivasi belajar kelas B (STAD nonvideo) (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas A (STAD bermedia video) dengan hasil belajar kelas B (STAD nonvideo) (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa hal yang dapat disarankan yaitu (1) Perlunya selalu menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang berbasis multimedia di SMP Negeri 3 Kare karena berdasarkan penelitian ini kualitas pembelajaran IPS berhubungan dengan pemanfaatan multimedia terbukti efektif (2) Untuk memperluas temuan penelitian perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan topik dan metode yang sama pada jenjang SMP/MTS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62614

Actions (login required)

View Item View Item