Ekoningtyas, Maryanti (2013) Pengaruh pembelajaran think pair share dipadu pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kreatif, pemahaman konsep IPA dan retensinya serta sikap sosial siswa / Maryanti Ekoningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci TPS PBMP keterampilan metakognitif berpikir kreatif pemahaman konsep retensi pemahaman konsep sikap sosial. Pendidikan IPA memegang peranan penting dalam mengembangkan pengetahuan keterampilan berpikir dan sikap siswa. Pemberdayaan keterampilan berpikir siswa melalui pembelajaran IPA menjadi sangat penting karena keterampilan berpikir merupakan kecakapan hidup yang sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan hidup di era informasi ini. Strategi pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran untuk menumbuhkan kesadaran berpikir siswa menyelesaikan masalah secara bersama dengan mengintegerasikan serta mengaplikasikan kemampuan dan pengetahuan memberdayakan perkembangan pembelajaran metakognitif sarana mengajarkan berbagai keterampilan sosial yang dibutuhkan siswa untuk hidup dan bekerja sama. Penerapan strategi pembelajaran TPS yang dipadu PBMP berpeluang untuk meningkatkan keterampilan metakognitif berpikir kreatif pemahaman konsep dan retensinya serta mempengaruhi sikap sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola PBMP yang dipadu strategi pembelajaran TPS terhadap keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif pemahaman konsep retensi pemahaman konsep dan sikap sosial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pretest-posttest non equivalent control group design. Analisis data diawali dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan analisis kovarian (ancova). Bila hasil analisis signifikan (variabel bebas berpengaruh pada variabel terikat) maka analisis dilanjutkan dengan uji lanjut LSD dengan menggunakan program SPSS for Windows dengan taraf signifikansi 0 05. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Pasuruan tahun pembelajaran 2012/2013. Sampel penelitian dipilih secara acak dan didapatkan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak ada pengaruh strategi terhadap keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif pemahaman konsep dan sikap sosial antara siswa yang diberi strategi pembelajaran TPS PBMP dengan yang diberi pembelajaran multistrategi 2) terdapat pengaruh terhadap retensi pemahaman konsep antara siswa yang diberi strategi pembelajaran TPS PBMP dengan yang diberi pembelajaran multistrategi dengan peningkatan sebesar 4 1 pada kelas TPS PBMP dan sebesar 0 2 pada kelas multistrategi. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan yakni strategi pembelajaran TPS PBMP dapat diterapkan oleh guru sebagai salah satu metode pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan retensi pemahaman konsep IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62603 |
Actions (login required)
View Item |