Chusnaini, Emi (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran talent unlimited model berbasis kreativitas dan potensi diri siswa SMP dalam bidang IPA Biologi / Emi Chusnaini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Talent Unlimited Model kreativitas potensi diri Potensi yang dimiliki siswa SMPN 1 Lumajang sangat beragam. Berdasarkan input siswa SMPN 1 Lumajang sebagian besar siswa SMPN 1 Lumajang memiliki prestasi akademik maupun non akademik yang tinggi. Berdasarkan data tersebut maka perlu dilakukan sebuah penelitian untuk menggali potensi diri dalam proses pembelajaran serta memunculkan kreativitas siswa SMPN 1 Lumajang yaitu penelitian yang mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan Talent Unlimited Model dalam proses pembelajarannya. Pembelajaran Talent Unlimited Model (TUM) sudah dilakukan oleh beberapa peneliti misalnya Newman (2005) di Alabama. Newman (2005) menemukan bahwa proses pembelajaran TUM lebih meningkatkan kreativitas belajar siswa dibandingkan dengan proses pembelajaran yang tidak menggunakan TUM. Selain itu dalam penelitiannya tersebut dinyatakan bahwa produk yang dihasilkan oleh siswa dalam setiap pembelajaran dengan menggunakan TUM menunjukkan kualitas yang lebih tinggi. Penelitian lain dilakukan oleh Newman dan Zupko (2006). Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran Talent Unlimited Model yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) handout dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Handout yang dikembangkan berpasangan dengan LKS. LKS yang dikembangkan berisi langkah-langkah proses pembelajaran TUM yang akan dilakukan oleh siswa. Langkah-langkah pembelajaran Talent Unlimited meliputi enam tahap yaitu productive thinking decision making planning forecasting communication dan academic. Tahapan-tahapan tersebut dapat dijabarkan dalam sintaks pembelajaran Talent Unlimited Model yang merupakan aktivitas yang dilakukan siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji keterbacaan oleh siswa diperoleh bahwa perangkat pembelajaran TUM sudah layak/valid digunakan. Berdasarkan data checlist dari ahli materi dan ahli perangkat pembelajaran diperoleh persentase kelayakan 83% untuk RPP 80% untuk handout dan 92% untuk LKS. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini perlu digunakan oleh dalam proses pembelajaran di kelas karena dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas siswa. Siswa yang kreatif akan dapat memunculkan potensi diri yang dimilikinya. Ketika potensi itu muncul maka rasa percaya diri siswa akan muncul sehingga siswa akan memiliki kemandirian tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62588 |
Actions (login required)
View Item |