Yuniasih, Nury (2013) Penerapan model pembelajaran investigasi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar dan efikasi diri siswa kelas V SD / Nury Yuniansih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci model pembelajaran investigasi kelompok hasil belajar efikasi diri dan IPA SD Pembelajaran IPA di sekolah dasar bukan sekedar menentukan penguasaan materi tetapi minat siswa memiliki peranan penting. Siswa yang berminat akan merasakan bahwa pembelajaran IPA itu menyenangkan sehingga siswa akan antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan observasi di SDN Bandungrejosari 3 Malang siswa terlihat pasif karena pembelajaran terpusat pada guru. Siswa mendengarkan penjelasan guru mencatat apa yang disampaikan dan mengerjakan tugas yang diberikan. Hal ini menyebabkan siswa hanya menghafal materi menurunnya keaktifan siswa dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Bandungrejosari 3 Malang (2) hasil belajar siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok (3) efikasi diri siswa selama menerapkan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Bandungrejosari 3 Malang tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 33 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK yang meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting 3) observing dan 4) reflecting. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi wawancara observasi angket pretest dan postest perangkat pembelajaran catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran investigasi kelompok sesuai untuk diterapkan pada pembelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dengan meningkatkan hasil belajar dan efikasi diri siswa kelas V SDN Bandungrejosari 3 Malang. Diketahui dari hasil belajar kognitif siswa siklus I yaitu 62 75 meningkat pada siklus II yaitu 75 18. Hasil belajar afektif pada siklus I yaitu 67 42% terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 83 18%. Selain itu hasil observasi efikasi diri siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 60 75% meningkat menjadi 85 35% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran investigasi kelompok sesuai untuk diterapkan pada pembelajaran IPA kelas V SDN Bandungrejosari 3 Malang. Disarankan agar guru memilih model pembelajaran Investigasi kelompok ini dalam pembelajaran IPA atau pembelajaran lain yang sesuai. Sebelum melaksanakan pembelajaran dengan model investigasi kelompok sebaiknya dilakukan perencanaan yang matang agar tidak terjadi kesalahan di kelas. Selain itu guru juga harus menyiapkan sumber belajar yang tepat dan fasilitas yang dibutuhkan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62579 |
Actions (login required)
View Item |