Ryskiadi, Agung (2013) Keefektifan model pembelajaran kooperatif STAD berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tekanan / Agung Ryskiadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci STAD inkuiriterbimbing berpikirkritis hasilbelajar tekanan Untukpencapaianpenguasaanisidankemampuanberpikirkritisdiperlukansuatu model pembelajaran yang efektifdanefisienuntukmencapaikeduanya.Salah satu model pembelajarantersebutadalahmodel pembelajarankooperatif STAD berbasisinkuiriterbimbing.Penerapan model pembelajarankooperatif STAD yang menekankanpadakerjasamadalamkelompokheterogendiharapkanmampumenumbuhkanmotivasiuntukpenguasaanisisedangkanpenerapan model pembelajaraninkuiriterbimbing yang menekankanpadapengasahankemampuananalitiskritisdiharapkandapatmenumbuhkankemampuanberpikirkritis. Tujuanpenelitianiniadalahsebagaiberikut.1)Mengetahui ada atautidakadanyaperbedaankemampuanberpikirkritisantarasiswa yang belajardengan model pembelajarankooperatif STAD berbasisinkuiriterbimbingdan model pembelajarankooperatif STAD berbasisdemonstrasiinteraktif.2) Mengetahui ada atautidakadanyaperbedaanhasilbelajarantarasiswa yang belajardengan model pembelajarankooperatif STAD berbasisinkuiriterbimbingdan model pembelajarankooperatif STAD berbasisdemonstrasiinteraktif. Rancanganpenelitian yang digunakanadalahkuasieksperimendenganbentukposttest-only control design.Variabelbebasdalampenelitianiniadalah model pembelajarankooperatif STAD berbasisinkuiriterbimbingdan STAD berbasisdemonstrasiinteraktif sedangkanvariabelterikatnyaadalahkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswa.Siswa yang dilibatkansebagaisubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelas VIII-A dan VIII-F SMP Negeri 1 Bondowoso. Data dikumpulkandengancarapemberiantesdanobservasi. Hasildaripenelitianiniadalahsebagaiberikut.1)Ada perbedaan yang signifikandalamkemampuanberpikirkritisantarasiswa yang belajardengan model pembelajarankooperatif STAD berbasisinkuiriterbimbingdan model pembelajarankooperatif STAD berbasisdemonstrasiinteraktif. 2)Ada perbedaan yang signifikandalamhasilbelajarantarasiswa yang belajardengan model pembelajarankooperatif STAD berbasisinkuiriterbimbingdan model pembelajarankooperatif STAD berbasisdemonstrasiinteraktif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62562 |
Actions (login required)
View Item |