Pengaruh pemanfaatan laboratorium alam sekolah terhadap motivasi dan hasil retensi belajar materi pelajaran ekosistem pada siswa kels VII SMP Negeri 1 Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010 / Ismijanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan laboratorium alam sekolah terhadap motivasi dan hasil retensi belajar materi pelajaran ekosistem pada siswa kels VII SMP Negeri 1 Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010 / Ismijanto

Ismijanto (2011) Pengaruh pemanfaatan laboratorium alam sekolah terhadap motivasi dan hasil retensi belajar materi pelajaran ekosistem pada siswa kels VII SMP Negeri 1 Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010 / Ismijanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Pogram Studi Pendidikan Dasar Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. agr. Mohamad Amin S.Pd. M.Si. (II) Prof. H. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D. Kata kunci laboratorium alam motivasi belajar hasil belajar. Pembelajaran yang dilakukan di luar kelas dapat menarik perhatian siswa sehingga motivasi siswa dapat ditumbuhkan. Pembelajaran Biologi yang dilakukan di luar kelas memberi kesempatan siswa belajar mengenal lingkungan hidup dan menambah pemahaman konsep. Semua potensi lingkungan yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran dikenal sebagai laboratorium alam. Motivasi dalam kegiatan belajar merupakan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar dapat tercapai. Penggunaan laboratorium alam mendorong para siswa agar pada dirinya tumbuh motivasi belajar dalam hal ini guru harus bisa menciptakan kondisi tertentu agar siswa selalu butuh dan ingin terus belajar. Siswa diharapkan menjadi aktif kreatif merasa senang dan termotivasi kuat untuk belajar melalui pembelajaran Biologi di laboratorium alam sekolah sehingga retensi hasil belajar akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah pemanfaatan laboratorium alam sekolah dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa (2) untuk mengetahui apakah pemanfaatan laboratorium alam sekolah dapat meningkatkan retensi hasil belajar (3) untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010 dan metode yang digunakan untuk menentukan subyek penelitian adalah dengan teknik random sampling yaitu dari 10 kelas di SMPN 1 Tulungagung secara acak didapatkan kelas VII C sebagai kelas perlakuan dan kelas VII D sebagai kelas konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi siswa dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anacova untuk mengetahui hubungan kausal antara variabel bebas dan variabel terikat dan jenis data variabel-variabel yang diukur dan uji korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan hasil belajar perhitungan statistiknya menggunakan program statistik SPSS v 15 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dari penggunaan laboratorium alam sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan materi pelajaran ekosistem pada siswa kelas VII SMPN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010 (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan laboratorium alam sekolah terhadap retensi hasil belajar siswa materi pelajaran ekosistem pada siswa kelas VII SMPN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010 dan (3) terdapat hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa materi pelajaran ekosistem kelas VII SMPN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa laboratorium alam sekolah dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar serta ada hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa materi pelajaran ekosistem pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010. Diharapkan guru pengajar Biologi dapat memanfaatkan lingkungan alam di sekitar sekolah sebagai sumber belajar yang dapat meningkatkan motivasi dan retensi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62540

Actions (login required)

View Item View Item