Suprayogi, Bambang (2011) Penerapan strategi pembelajaran kreatif produktif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Nganjuk / Bambang Suprayogi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Jurusan Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan IPA SMP Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D. (II) Dra. Endang Purwaningsih M. Si. Kata Kunci strategi pembelajaran kreatif produktif kualitas proses dan hasil belajar Berdasarkan hasil pengamatan pendahuluan ditemukan permasalahan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika) di SMP Negeri 1 Nganjuk antara lain (1) sebagian besar (80%) siswa memiliki minat belajar yang rendah (2) keadaan siswa sehari-hari di dalam kelas terlihat pasif (tidak kreatif) (3) tugas siswa diselesaikan dengan kualitas rendah dan dikumpulkan tidak tepat waktunya (produktivitas rendah) Permasalahan tersebut diatasi dengan menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif. Strategi pembelajaran ini diyakini dapat membelajarkan mengaktifkan dan memberdayakan kemampuan berpikir siswa. Tujuan pembelajaran kreatif produktif dalam penelitian ini untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Nganjuk. Sintaks pembelajaran kreatif produktif terdiri atas lima tahap yaitu (1) orientasi (2) eksplorasi (3) interpretasi (4) re-kreasi (5) evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data proses pembelajaran dan hasil belajar. Data proses pembelajaran dikumpulkan melalui observasi sedangkan data hasil belajar dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes. Data hasil belajar terdiri atas 3 penilaian yaitu aspek kognitif afektif dan psikomotor. Data proses pembelajaran dan hasil belajar yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Temuan penelitian adalah sebagai berikut Proses belajar memperlihatkan peningkatan persentase pada tahap orientasi sebesar 10% tahap eksplorasi sebesar 15 58% tahap interpretasi sebesar 16 03% tahap re-kreasi sebesar 13 39% dan tahap evaluasi sebesar 15 00%. Hasil belajar pada aspek afektif pada siklus 1 ke siklus 2 memperlihatkan peningkatan pada nilai rata-rata sebesar 3 42% sedangkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 10 82%. Hasil belajar pada aspek psikomotorik pada siklus 1 ke siklus 2 memperlihatkan peningkatan persentase pada nilai rata-rata sebesar 8 33% sedangkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 19 14%. Hasil belajar pada aspek kognitif dari siklus 1 ke siklus 2 memperlihatkan peningkatan persentase pada nilai rata-rata sebesar 24 01% sedangkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 24 10%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kreatif produktif dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Nganjuk. Strategi pembelajaran ini memiliki implikasi positif bagi guru karena dipandang sangat cocok diterapkan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika). Kegiatan praktikum yang dilaksanakan pada tahap eksplorasi siswa perlu dilatih cara mengoperasikan alat sebelum pelaksanaan pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk mencegah waktu praktikum tidak melebihi dari waktu yang ditargetkan dan data yang diperoleh siswa lebih valid. Pelaksanaan diskusi kelas pada tahap re-kreasi terlihat didominasi siswa kelompok pandai. Oleh karena itu guru dianjurkan menyelenggarakan undian untuk menentukan kelompok siswa yang bertugas presentasi dan siswa yang menanggapi atau bertanya ketika diskusi kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62536 |
Actions (login required)
View Item |