Hidayati, Anik (2011) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dipadu kooperatif investigasi kelompok untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-G SMPN 1 Trenggalek / Anik Hidayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran berbasis masalah investigasi kelompok keterampilan proses dan hasil belajar. Pembelajaran IPA di SMP/MTs menekankan pemberian pengalaman belajar secara langsung dengan kata lain metode pembelajaran dengan teacher-centered harus diubah menjadi student-centered. Tujuannya agar siswa mampu berpikir kritis dan kreatif serta lebih peka menghadapi masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. KTSP menekankan pembelajaran IPA di sekolah harus mampu mengarahkan siswa untuk berpikir diterapkan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry). Tujuannya agar siswa mampu berpikir bekerja dan bersikap serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup (life skill). Standar isi memuat keharusan bagi guru mampu menyusun silabus serta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara mandiri yang disesuaikan dengan keadaan pada tiap-tiap sekolah hal ini menunjukkan bahwa sekolah harus mampu menjadikan lingkungannya sebagai media pembelajaran yang efektif bagi siswa. Di SMPN 1 Trenggalek siswa belum aktif keterampilan proses belum dilatihkan dan hasil belajar kognitif di bawah KKM sehingga penelitian ini ingin menerapkan pembelajaran berbasis masalah yang dipadu kooperatif investigasi kelompok untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pengumpulan data dilaksanakan mulai tanggal 19 April sampai 19 Mei 2010. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VII-G SMPN 1 Trenggalek yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dipadu kooperatif investigasi kelompok dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-G SMPN 1 Trenggalek. Peningkatan keterampilan proses dengan kriteria baik sekali (BS) dan baik (B) dari siklus I sebanyak 18 siswa (72%) dan siklus II sebanyak 25 siswa (100%). Meningkatkan hasil belajar biologi siswa di kelas VII-G SMPN 1 Trenggalek hal ini didasarkan pada peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 siswa (72%) dan pada siklus II sebanyak 23 siswa (92%). Rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan 2 6% dari 76 4 di siklusI dan 79 pada siklus II. Penelitian ini menunjukkan respons positif dari siswa sebanyak 100% siswa menyatakan sangat setuju dan setuju pada 8 pernyataan pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah dipadu kooperatif investigasi kelompok dan 2 pernyataan siswa ragu-ragu yaitu pernyataan pembelajaran berbasis masalah dipadu kooperatif investigasi kelompok dapat membuat siswa memiliki kemauan tinggi untuk belajar sejumlah 8% siswa ragu-ragu dan pernyataan penerapan pembelajaran berbasis masalah dipadu kooperatif investigasi kelompok dapat meningkatkan pemahaman 4% siswa yang ragu-ragu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62521 |
Actions (login required)
View Item |