Pengembangan multimedia pembelajaran geografi materi Penginderaan Jauh (PJ) untuk SMA/MA kelas XII menggunakan construct 2 / Falik Wardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran geografi materi Penginderaan Jauh (PJ) untuk SMA/MA kelas XII menggunakan construct 2 / Falik Wardana

Wardana, Falik (2019) Pengembangan multimedia pembelajaran geografi materi Penginderaan Jauh (PJ) untuk SMA/MA kelas XII menggunakan construct 2 / Falik Wardana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Wardana Falik. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Materi Penginderaan Jauh (PJ) untuk SMA/MA Kelas XII Menggunakan Construct 2. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Syamsul Bachri S.Si. M Sc. Ph.D. Kata Kunci pengembangan multimedia pembelajaran penginderaan jauh Pengembangan multimedia didasari permasalahan kebutuhan siswa dan guru yang mengalami kesulitan serta terbatasnya media pada materi Penginderaan Jauh (PJ). Selanjutnya dilakukan analisis kebutuhan materi agar sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa. Penelitian dan pengembangan bertujuan menghasilkan produk multimedia berbasis android materi Penginderaan Jauh (PJ) untuk SMA/MA kelas XII menggunakan Construct 2. Tahapan pengembangan multimedia didasari dari model Borg Gall yang dimodifikasi kemudian dipilih tujuh langkah disesuaikan dengan kebutuhan yakni (1) menganalisis kebutuhan pada materi Penginderaan Jauh (2) perencanaan (3) prototipe media (4) validasi media oleh ahli materi dan media (5) revisi prototipe (6) uji coba lapangan dan (7) implementasi dan diseminasi. Produk pengembangan yang dihasilkan berbentuk aplikasi android materi Penginderaan Jauh. Produk kemudian diuji cobakan dalam kegiatan pembelajaran dan dilihat tanggapannya terhadap produk oleh 34 siswa kelas XII dan satu guru geografi. Data didapatkan dari angket tanggapan dan tes pemahaman untuk melihat keefektifan produk multimedia. Keefektifan media dinilai berdasarkan 4 indikator. Hasil uji coba lapangan menunjukkan tanggapan siswa terhadap produk multimedia yang terdiri dari aspek tampilan mencapai 80 9% (sangat efektif) materi 85 7% (sangat efektif) pengoperasian 82 8% (sangat efektif) bahasa 83 2% (sangat efektif) dan secara keseluruhan skor media yakni 83 1% (sangat efektif). Selain itu hasil tes pemahaman oleh siswa mencapai skor dengan rata-rata sebesar 81 7 atau lebih dari KKM sekolah yakni 78. Merujuk pada kriteria persentase kelayakan yang diadaptasi dari Akbar (2013) skor ter-sebut dapat dikategorikan sangat efektif. Oleh karena itu produk multimedia pembelajaran penginderaan jauh sudah layak dan efektif sehingga dapat diguna-kan untuk pembelajaran. Beberapa saran disusun untuk pengembangan selanjutnya yaitu (1) produk multimedia penginderaan jauh memiliki interaktivitas melalui kegiatan praktik yang masih sederhana diharapkan nantinya dapat membuat kegiatan prak-tik yang lebih komperhensif (2) produk multimedia pembelajaran sebaiknya juga memperhatikan aspek audio (3) materi terfokus pada Penginderaan Jauh diharap-kan dapat dilengkapi dengan materi pemetaan dan SIG dan (4) produk multi-media sebaiknya dilihat nilai kegunaannya melalui jenis penelitian eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62451

Actions (login required)

View Item View Item