Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dan gaya belajar (strategi Vark) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik / Wahyu Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dan gaya belajar (strategi Vark) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik / Wahyu Wardani

Wardani, Wahyu (2017) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dan gaya belajar (strategi Vark) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik / Wahyu Wardani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Wahyu. 2017. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Gaya Belajar (Strategi Vark) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Komang Astina M.S Ph.D (2) Dr. Singgih Susilo M.S M.Si. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Gaya Belajar VARK dan Berpikir Kritis. Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan untuk dapat memecahkan masalah yang dihadapi. Berpikir kritis penting dimiliki dan dikembangkan dalam diri peserta didik karena akan membuat mereka menjadi lebih peka terhadap permasalahan yang ada sekitarnya. Peningkatan kemampuan berpikir kritis juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Peningkatan kemampuan tersebut akan mudah dilakukan apabila pendidik memahami dengan baik karakter setiap peserta didik. Gaya belajar instructional preference VARK bagian dari karakteristik peserta didik yang perlu dipahami. Penerapan pembelajaran yang sesuai guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis juga mendukung tercapainya tujuan tersebut. Pembelajaran yang berpotensi meningkatkan kemampuan berpikir kritis berdasarkan penelitian terdahulu salah satunya ialah inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan 2) Mengetahui pengaruh gaya belajar VARK terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2x4. Penelitian dilakukan di SMAN 9 Malang kelas XI I.3 dan kelas XI J.3. Data didapatkan dengan instrumen kuesioner gaya belajar VARK versi 7.8 soal essay berpikir kritis dan lembar observasi pengamatan pembelajaran. Selanjutnya data dianalisis dengan uji statistik two way anova berbantuan program SPSS 16. Data yang telah dianalisis kemudian dideskripsikan secara deskriptif kuantitatif. Temuan yang didapatkan peneliti berdasarkan rumusan masalah dan paparan data hasil penelitian yaitu 1) Pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik artinya ada perbedaan secara signifikan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajarkan antara pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Konvensional 2) Gaya belajar VARK tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis artinya tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang memiliki modalitas gaya belajar visual aural read/write dan kinestetik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62410

Actions (login required)

View Item View Item