Wijayanto, Pradika Adi (2017) Pengaruh metode debat aktif berbantu ispring suite terhadap motivasi dan hasil belajar geografi / Pradika Adi Wijayanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wijayanto Pradika Adi. 2017. Pengaruh Metode Debat Aktif Berbantu iSpring Suite Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Geografi. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si (2) Drs. I Komang Astina M.S Ph.D Kata Kunci Metode Debat Aktif iSpring Suite Motivasi Hasil Belajar. Penerapan metode debat aktif berbantu iSpring Suite mendukung pembelajaran aktif bermakna serta bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan siswa. Metode debat aktif berbantu iSpring Suite diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar geografi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh metode debat aktif berbantu iSpring Suite terhadap motivasi belajar di kelas XI IS SMA Negeri 1 Mayong Kabupaten Jepara. (2) mengetahui pengaruh metode debat aktif berbantu iSpring Suite terhadap hasil belajar geografi di kelas XI IS SMA Negeri 1 Mayong Kabupaten Jepara Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan jenis nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data motivasi belajar menggunakan angket model Attention Relevance Confidence and Satisfaction (ARCS) sedangkan hasil belajar siswa menggunakan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat motivasi belajar sebaran persentase motivasi belajar tingkat hasil belajar dan uji gain score. Statistik inferensial digunakan untuk mengetahui normal dan homogennya data serta menguji hipotesis motivasi dan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data tingkat motivasi belajar siswa dapat diketahui (1) persentase rata-rata tingkat motivasi kelas eksperimen adalah lebih baik (2) sebaran data motivasi belajar kelas eksperimen lebih baik (3) uji hipotesis motivasi belajar menunjukkan ada pengaruh metode debat aktif berbantu iSpring Suite terhadap motivasi belajar geografi. Hasil analisis data hasil belajar dapat diketahui (1) persentase tingkat hasil belajar kelas eksperimen sesudah pembelajaran lebih baik (2) hasil uji gain score pada kelas eksperimen menunjukkan metode debat aktif berbantu iSpring Suite berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar. (3) uji hipotesis hasil belajar menunjukan ada pengaruh metode debat aktif berbantu iSpring Suite terhadap hasil belajar geografi. Saran yang diberikan adalah (1) guru disarankan untuk menerapkan metode debat aktif pada kompetensi dasar yang lain (2) mengembangkan iSpring Suite atau menggunakan media lain untuk mendukung pelaksanaan metode debat aktif. (3) peneliti disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan pada pembelajaran geografi serta melakukan penilaian pada ranah afektif dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |