Cholifah, Nur (2016) Pengembangan student worksheet berbasis group investation pada materi penelitian geografi IPS SMA / Nur Cholifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Cholifah Nur. 2016.Pengembangan Student Worksheet Berbasis Group InvestigationPada Materi Penelitian Geografi IPS SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Student Worksheet Model Group Investigation Penelitian Geografi. Penelitian geografi sebagai salah satu materi yang membutuhkan studi lapangan tentu lebih mudah pelaksanaannya apabila ada bahan ajar pendukung sepertistudent worksheet. Pembuatan atau pengembangan student worksheet tidak bisa disamaratakan dengan semua materi yang ada di kelas X. Hal ini dikarenakan setiap materi mempuyai ketercapaian kompetensi yang berbeda. Pada kenyataannya student worksheet yang ada di lapangan disamaratakan dan masih mengacu pada tekstual dan evaluasi hasil belajar dengan pengisian soal-soal. Berdasarkan fakta di atas maka pengembangan student worksheet yang sesuai dengan kebutuhan materi sangat diperlukan.Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa studentworksheet berbasis Group Investigation pada materi penelitian geografi semester gasal kelas X IPS. Jenis penelitian ini research development yang menggunakan metode pengembangan dari Borg Gall (mengambil sembilan tahap).Subjek uji coba yaitu kelompok kecil 18 siswa kelas Lintas Minat kelompok besar 31 siswa kelas X IPS di SMAN 3 Malang. Instrumen yang digunakan adalah angket sebagai penilaian untuk validator ahli materi desain pembelajaran bahasa guru mata pelajaran dan siswa. Penghitungan skor kriterium yang diperoleh dari hasil angket menggunakan skala likert. Analisis data yang dilakukan melalui deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitiandapat diketahui bahwa pengembangan student worksheet berbasis Group Investigation layak untuk digunakan dalam pembelajaran geografi pada materi yang berkaitan dengan penelitian lapangan. Hal ini karena student worksheet berbasis Group Investigation berfungsi sebagai panduan penelitian lapangan. Hasil kelayakan mengacu pada penilaian dari tiga validator masing-masing ahli yaitu materi (79 35%) desain pembelajaran (73 28%) dan bahasa (721 42%). Hasil uji coba kelompok kecil (80 90%) kelompok besar (84 35%) dan penilaian (praktikum I (80 30%) praktikum II (83 23%) dan laporan penelitian (82 90%). Mengacu pada hasil tersebut dapat dikatakan bahwa student worksheet yang dikembangkan layak dan mampu dipahami oleh siswa walaupun dalam pembuatan laporan penelitian masih perlu pembenahan. Saran pemanfaatan pentingnya menejemen waktu dalam penerapan student worksheet. Saran desiminasi salah satunya bisa melalui seminar nasional atau MGMP. Bagi peneliti lanjutan yaitu pengembangan student worksheet dengan mengombinasikan menggunakan mediakarena dengan media akan memudahkan siswa mengetahui dan mempelajarai daerah lain yang tidak bisa secara langsung dijangkau oleh siswa sehingga pembahasan akan lebih luas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62359 |
Actions (login required)
View Item |