Nisa', Zumrotin (2015) Pengembangan suplemen bahan ajar geografi sumber daya berbasis kearifan lokal tentang pelestarian Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) / Zumrotin Nisa'. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nisa Zumrotin. 2015.PengembanganSuplemenBahan Ajar GeografiSumberDayaBerbasisKearifanLokalTentangPelestarian Taman Nasional Lore Lindu (TNLL).Tesis JurusanPendidikanGeografi PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (2) Dr. I NyomanRuja S.U. Kata Kunci bahan ajar pengembangan kearifanlokal Bahanajardigunakanolehpendidikuntukmembantudalamproses pembelajaran. Bahan ajar perludikembangkandalampembelajarandanharusdisesuaikandengantuntutankurikulum karakteristiksasaran pemecahanmasalah dansebagaiupayapeningkatkankualitaspembelajaran.Namunmasihadakendala yang dihadapidalam proses pembelajaransepertikurangtersediannyasumberbelajarpadamatakuliahgeografisumberdayakhususnyamateripengelolaansumberdayaalamberwawasanlingkungandanberkelanjutan.Hal inimenjadikanketerbatasanpengetahuanmahasiswadalammemecahkanmasalah yang dihadapibersumberdarilingkungansekitarnya.Olehkarenaitu potensilokalsuatudaerahperludikemasdandikembangkanmenjadisuatubahan ajarberbasiskearifanlokaluntukmeningkatkanpemahamanmahasiswatentangpotensinyata yang ada di daerahnya. Pengembanganbahanajarberdasarkankaidahkeilmuangeografidenganmodifikasipenelitiandanpengembangan model Brag Gall. Prosedurpenelitiandanpengembanganterdiridarisepuluhlangkahnamunhanyadilakukantujuhlangkah.Data hasilvalidasidanujicobaberupa saran tanggapan danpenilaiansebagaidasaruntukperevisiandanpenyempurnaanprodukbahan ajar yang dikembangkan.Hasilujicobamenunjukkanprodukbahan ajar yang dikembangkanmendapatresponpositifdari validator danmahasiswabaikaspekisi desaintampilanmaupunkemanarikanbahasanya.Produkbahan ajar hasilpengembangantidakperludirevisidengantingkatpersentase 82% danlayakuntukdigunakan.Kelayakanproduk yang telahdivalidasiahliberadapadakualifikasisangatlayakdengan rata-rata persentase 84%.Hasilujicobapadakelompokkecilberadapadakualifikasilayakdantidakperludirevisidengantingkatpencapaian 72%. Adanyapengembanganbahan ajar berbasiskearifanlokalinidiharapkandosendanmahasiswalebihkreatifdanmemanfaatkanlingkungansekitarsebagaisumberbelajar.Sebagai saran deseminasisebaiknyadalamlangkahpenelitiandilakukansampaipadatahapevaluasisumatifuntukmengetahuiefektifitasdanefesiensibahan ajar.Untuksaran pengembanganselanjutnyasebaiknya 1) bahanajardikembangkansecarautuhpadasemuakompetensidasardanlebihdarisatukajiankearifanlokalmasyarakat 2) dilakukanpenelitianeksperimenuntukmemperolehhasil yang lebihberkualitasdanmengujipengaruhprodukpadahasilbelajarmahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |