Pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa / Fitria Mustika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa / Fitria Mustika

Mustika, Fitria (2015) Pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa / Fitria Mustika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustika Fitria. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Dr. Budijanto M.Sos. Kata Kunci model pembelajaran Experiential Learning berpikir kritis. Experiential Learning merupakan salah satu dari sekian banyak model pembelajaran yang secara khusus menangani kemampuan berpikir kritis. Dalam penelitian ini model Experiential Learning digunakan membelajarkan mahasiswa berpikir kritis melalui empat langkah model. Mulai dari pengalaman konkrit pada langkah pertama hingga eksperimen aktif. Fungsi berfikir kritis bagi mahasiswa yakni memiliki penalaran personal yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian di Program Studi S1 Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian merupakan mahasiswa angkatan 2013 offering G sebagai kelas eksperimen dan offering H sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kemiripan nilai rata-rata ujian semester. Penelitian dilakukan pada mata kuliah dasar perencanaan wilayah. Rancangan penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Instrumen pengukuran kemampuan berpikir kritis mahasiswa menggunakan tes esai. Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 20.0 for Windows. Berdasarkan analisis data gain score kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 20 47 dibandingkan dengan kelas kon-trol dengan skor 11 08. Hasil perhitungan analisis uji t menggunakan independen sample t test diperoleh data p-level lebih kecil dari 0 05 (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62299

Actions (login required)

View Item View Item