Pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap minat belajar geografi siswa SMA / Dian Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap minat belajar geografi siswa SMA / Dian Utami

Utami, Dian (2014) Pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap minat belajar geografi siswa SMA / Dian Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Utami Dian. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Minat Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Kata kunci Model pembelajaran Teams Games Tournament Minat Belajar. Teams Games Tournament (TGT) merupakan langkah-langkah pembelajaran yang dirancang untuk mengatasi kompetisi belajar siswa yang kurang sehat. Model ini memiliki desain fleksibel. Fokusnya adalah kinerja individu yang bertujuan memberikan kontribusi untuk kinerja kelompok. Pembelajaran dengan TGT membuat siswa lebih menyukai belajar geografi. Model TGT memiliki beberapa keunggulan antara lain (1) menumbuhkan semangat kompetitif dan keakraban siswa (2) Siswa dengan mudah memahami materi (3) Siswa lebih aktif dan banyak terlibat dalam pmbe-lajaran (4) mengembangkan sikap siswa unuk bekerja sama dan brsosialisasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap minat belajar geografi siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan minat belajar geografi antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran TGT dan siswa yang belajar dengan metoe cera-mah dan tanya jawab. Untuk menguji hipotesis tersebut penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pene-litian Non Equivalent Control Group Design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu minat belajar dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Teams Games Tournament. Instrumen pengukuran minat belajar siswa menggunakan angket. Hasil pe-ngukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Rrata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 38 21 di-bandingkan dengan kelas kontrol dengan skor 31 30. Hasil perhitungan ini membuktikan bahwa model TGT berpengaruh terhadap minat belajar geografi siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berpengaruh terhadap minat belajar geografi siswa SMA Negei 1 Way Tuba. Berdasarkan kesmpulan tesebut saran bagi guru geografi yaitu (a) Menggu-nakan model pembelajaran TGT pada ranah kognitif rendah (b) mempersiapkan pe-rencanaan dengan baik dan memahami setiap sintak TGT sebelum menerapkannya (c) Memantau dan mendampingi siswa selama pelaksanaan turnamen. Saran bagi pe-neliti selanjutnya yaitu (a) menguji pengaruh model pembelajaran TGT terhadap va-riabel lain serta pada lokasi jenjang pendidikan atau materi lain (b) perlu dieks-perimenkan pada matapelajaran lain selain geografi agar kemanfaatan dan keefek-tifan model ini meyakinkan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62271

Actions (login required)

View Item View Item