Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar geografi SMA Negeri 8 Malang / Suwito - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar geografi SMA Negeri 8 Malang / Suwito

Suwito (2014) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar geografi SMA Negeri 8 Malang / Suwito. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suwito. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Geografi SMA Negeri 8 Malang. Tesis Pendidikan Geografi Pascasarjana UM. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M. Si (II) Dr. Budijanto M. Sos. Kata Kunci Hasil Belajar Learning Cycle 5E. Learning cycle 5E merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran konstruktivistik yakni siswa mengkonstruk pengetahuannya sendiri dan terlibat aktif dalam berpikir pada setiap fasenya. Pembelajaran menggunakan model learning cycle 5E lebih banyak ditentukan oleh siswa dan setiap fase pada model ini dapat dilalui atau diterapkan apabila konsep pada fase sebelumnya sudah bisa dipahami oleh siswa karena setiap fase yang baru dan fase sebelumnya saling berkaitan. Model pembelajaran learning cycle 5E fase-fasenya lebih rinci dan lebih spesifik sehingga memungkinkan siswa semakin terdorong untuk berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X SMAN 8 Malang semester genap tahun ajaran 2013/2014. Kelas X3 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 ditetapkan sebagai kelas kontrol. Kelas X1 dan kelas X3 ditetapkan sebagai subjek penelitian karena siswa/i pada kedua kelas ini memiliki kemampuan yang sama atau setara berdasarkan nilai UAS dan telah di uji menggunakan uji-t dengan hasil tidak signifikan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran learning cycle 5E. Instrumen penilaian hasil belajar menggunakan tes esai. Hasil penilaian berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan selisih nilai pre test dan post test rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 29 2 dibandingkan kelas kontrol dengan skor 12 2. Hasil perhitungan analisis uji-t menggunakan independen sample t-test diperoleh data p-level lebih kecil dari 0 05 (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62267

Actions (login required)

View Item View Item