Peningkatan keaktifan dan hasil belajar geografi dengan tutor sebaya pada siswa kelas XII IPS 3 SMA YPVDP Bontang Kalimantan Timur / Achmat Junaidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keaktifan dan hasil belajar geografi dengan tutor sebaya pada siswa kelas XII IPS 3 SMA YPVDP Bontang Kalimantan Timur / Achmat Junaidi

Junaidi, Achmat (2013) Peningkatan keaktifan dan hasil belajar geografi dengan tutor sebaya pada siswa kelas XII IPS 3 SMA YPVDP Bontang Kalimantan Timur / Achmat Junaidi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Keaktifan Hasil belajar Tutor Sebaya Penerapan tutor sebaya pada mata pelajaran geografi dengan materi menganalisis wilayah dan perwilayahan negara maju dan negara berkembang bagi siswa kelas XII IPS 3 SMA YPVDP Bontang Kalimantan Timur dilatarbelakangi oleh permasalahan 1) keaktifan belajar siswa pada saat pembelajaran rendah 2) hasil pembelajaran kurang memuaskan karena siswa yang telah tuntas belajar 70% (19 orang) dan yang belum tuntas 30% (9 orang) dari 28 siswa 3) waktu pelajaran geografi yang disediakan kurang mencukupi karena semua materi harus diselesaikan dalam satu semester dan 4) guru lebih banyak menuntut siswa untuk menghafal dari materi yang disajikan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar geografi pada siswa kelas XII-IPS 3 SMA YPVDP Bontang Kalimantan Timur. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa Untuk mengenai tujuan tersebut digunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Dalam penelitian ini data keaktifan dan hasil belajar dikumpulkan mengguna-kan angket dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus persentase. Berdasarkan analisis data keaktifan diperoleh hasil sebagai berikut 1) siklus 1 rata-rata 56 89% 2) siklus 2 rata-rata 78 57%. Untuk hasil belajar didapatkan hasil sebagai berikut 1) siklus 1 rata-rata nilai 71 2) siklus 2 rata-rata nilai 82. Setelah dilakukan siklus 2 maka diperoleh peningkatan nilai yang memenuhi stantar ketuntasan belajar. Dengan demikian implementasi tutor sebaya berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi. Berdasarkan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut 1) penerapan metode tutor sebaya dengan materi menganalisis wilayah dan perwilayahan negara maju dan negara berkembang dapat meningkatkan keaktifan siswa 2) penerapan metode tutor sebaya dengan materi menganalisis wilayah dan perwilayahan negara maju dan negara berkembang dapat meningkatan hasil belajar. Dengan demikian dikemukakan saran-saran 1) menciptakan suasana pembelajaran lebih dinamis dengan membuat siswa yang pasif lebih aktif dengan bantuan teman dalam kelompok untuk saling membantu dalam penguasaan materi pembelajaran. 2) lebih meyakinkan tutor sebaya dalam menyampaikan materi kepada temannya yang tergabung dalam satu kelompok. 3) melakukan perubahan kelompok baik itu sebagai tutor maupun anggota kelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62249

Actions (login required)

View Item View Item