Wa'dah, Siti (2012) Pengembangan modul litosfer pada kelas X Sekolah Menengah Atas / Siti Wa'Dah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Achmad Fatchan M Si M Pd (2) Prof. Dr. Sugeng Utaya M Si. Kata-kata kunci litosfer modul Penelitian ini diawali dengan identifikasi kesalahan yang ada pada buku teks Geografi dan Modul Litosfer. Buku teks yang digunakan oleh siswa terdapat banyak kekurangan. Kekurangan tersebut di antaranya (1) kesalahan bahasa fakta/data konsep generalisasi (2) kekurang tepatan penyajian gambar (3) kesalahan objek material dan objek formal serta (4) sulitnya ketercernaan materi. Kesalahan dalam modul juga ditemukan pada dua Modul Litosfer yang telah diidentifikasi di antaranya adalah (I) bagian pendahuluan modul yang tidak lengkap (2) uraian materi yang tidak sesuai dengan sajian materi yang diprasyaratkan oleh BSNP 2006 serta (3) kekurang tepatan gambar dengan uraian materi. Masalah tersebut dapat diatasi dengan pengembangan Modul Litosfer untuk kelas X SMA/MA Setidaknya memiliki kesalahan relatif sedikit jika dibandingkan dengan buku teks dan modul yang ada. Modul dikembangkan berdasarkan KTSP dan BSNP 2006. Tujuan penelitian ini (I) mengembangkan Modul Litosfer untuk siswa kelas X SMA/MA menggunakan model pengembangan Dicky Carey (2) menemukan keefektifan modul yang dikembangkan. Pengembangan modul Litosfer dengan model Dicky Carey (2001) memiliki sepuluh langkah pengembangan yaitu mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran mengidentifikasi tingkah laku masukan dan karakteristik pembelajaran merumuskan tujuan khusus pembelajaran mengembangkan butir-butir tes acuan pokok mengembangkan strategi pembelajaran mengembangkan dan memilih materi pembelajaran merancang dan melakukan penilaian formatif merevisi materi pembelajaran dan merancang dan melakukan penilaian sumatif. Namun demikian data penelitian yang dimodifikasi menjadi lima langkah pengembangan yaitu identifikasi standar kompetensi kompetensi dasar dan indikator analisis materi pengembangan dan penulisan modul validasi dan uji coba produk dan revisi produk. UJi coba modul dilakukan pada 35 siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Lembar. Keefektifan modul didasarkan pada pencapaian hasil belajar siswa setelah dilibatkan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan modul yang dikembangkan Data kualitatif dan kuantitatif dikumpulkan untuk memperoleh objek penelitian. Data kualitatif meliputi tanggapan dan saran dari siswa terhadap modul hasil pengembangan. Data kuantitatif meliputi pencapaian hasil belajar siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Lembar setelah diikutsertakan dalam proses pembelajaran dengan modul. Data yang dikumpulkan itu dianalisis secara deskriftif. Dalam penelitian ini dikembamgkan lima modul yaitu Modul I (Stuktur Lapisan Litosfer) Modul 2 (Tenaga Endogen) Modul 3 (Tenaga eksogen) Modul 4 (Pedosfer) Modul 5 (Erosi Tanah). Hasil uji coba lapangan yang dilakukan kepada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembar menunjukkan rata-rata hitung terhadap hasil tes penguasaan materi/isi modul sebagai berikut (1) Modul 1 ( 8 58) (2) Modul 2 ( 8 49) (3) Modul 3 ( 8 61) Modul 4 ( 8 69) Modul 5 ( 83). Hal ini menunjukkan bahwa modul hasil pengembangan adalah efektif digunakan dalam pengajaran materi Litosfer. Berdasarkan hasil uji coba lapangan modul pembelajaran ini telah berhasil menunjukkan kebermanfaatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pencapaian siswa terhadap uji coba penguasaan materi (pilihan ganda) yang terpisah dari soal yang diberikan di dalam modul. Berdasarkan nilai yang diperoleh siswa menunjukkkan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep Litosfer lebih baik. Berdasarkan uji coba dilakukan revisi produk. Produk hasil pengembangan yang telah direvisi disarankan untuk dapat digunakan secara lebih luas oleh siswa di SMA/MA dalam mempelajari materi litosfer. Desiminasi produk dapat dilakukan dengan menyebarluaskan produk ini melalui seminar hasil penelitian MGMP mata pelajaran Geografi dan diterbitkan dalam jurnal ilmiah. Produk hasil pengembangan dapat dijadikan sebagai model untuk mengembangkan produk yang sama. Agar produk ini benar-benar layak digunakan disarankan perlu adanya penelitian eksperimen dan penelitian pengembangan lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62235 |
Actions (login required)
View Item |