Ni'matullah, Onik Farida (2011) Pengembangan bahan ajar geografi SMA/MA kelas XII pada kompetensi dasar pola keruangan desa dan kota dengan model Dick and Carey / Onik Farida Ni'matullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Jurusan Pendidikan Geografi Program Pacasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Dr. Agus Suryantoro M.Si. Kata Kunci bahan ajar Geografi SMA/MA Kelas XII pengembangan model Dick And Carey. Orientasi penyediaan buku teks di berbagai sekolah di Indonesia saat ini terutama buku teks Geografi hanya difokuskan pada segi kuantitas. Fakta menunjukkan bahwa penyediaan buku penunjang pembelajaran Geografi di sekolah hanya mempertimbangkan segi proporsi jumlah siswa dengan jumlah buku yang tersedia. Dari segi kualitas masih banyak materi pada buku pelajaran Geografi yang sebenarnya menunjukan kelemahan yang mendasar pertama teks Geografi mengabaikan aspek kebenaran bahasa fakta/data konsep generalisasi kebenaran penyajian gambar serta ketercernaan materi berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang mengutamakan tiga komponen utama yakni 1) memenuhi komponen kebahasaan 2) komponen isi 3) komponen Geografi yakni menyangkut aspek objek studi material dalam hal interaksi interrelasi dan interdependensi. Oleh karena itu diperlukan alternatif pemecahan masalah dengan mengembangkan buku teks yang mengarah pada perbaikan dari tiap aspek tersebut. Produk bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan kaidah keilmuan Geografi dan kurikulum KTSP melalui modifikasi model Dick dan Carey (2001). Prosedur pengembangan model ini terdiri atas sepuluh langkah namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan lima langkah yakni (1) mengidentifikasi standar kompetensi kompetensi dasar dan indikator berdasarkan konsep BNSP (2) melakukan analisis materi pelajaran (3) menyusun dan penulisan bahan ajar (4) mevalidasi bahan ajar (5) merevisi produk akhir hasil pengembangan bahan ajar. Berdasarkan hasil validasi pada ahli materi pelajaran bahan ajar berada dalam kategori baik (71%). Hasil uji coba pada ahli rancangan pembelajaran bahan ajar berada dalam kategori baik (71%). Hasil uji coba ahli bahasa berada dalam kategori sangat baik (91%) tetapi masih ada beberapa kesalahan pengetikan dan pemenggalan kata. Hasil uji coba lapangan pada siswa bahan ajar berada dalam kategori baik (80%) sedangkan hasil uji coba lapangan pada guru bahan ajar berada dalam kategori baik (82%). Saran desiminasi antara lain (a) mengadakan seminar skala regional bahkan nasional tentang pengembangan bahan ajar khususnya bahan ajar Geografi untuk SMA/MA (b) diperkenalkan kepada forum-forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi dan (c) dimuat dalam suatu rubrik atau kolom penulisan buku di alamat suatu website. Pengembangan selanjutnya disarankan yaitu (a) pengembangan bahan ajar Geografi tidak terbatas hanya pada kelas XII semester dua pada kompetensi dasar menganalisis pola keruangan desa dan kota. Untuk menghasilkan produk bahan ajar secara utuh sebaiknya dikembangkan untuk dua semester (semester satu dan semester dua) (b) uji coba bahan ajar ini terbatas di Kota Malang. Untuk menghasilkan bahan ajar yang berlaku secara nasional sebaiknya dilakukan uji coba lapangan dengan mengambil sampel yang diperluas di wilayah Indonesia (c) untuk menghasilkan produk bahan ajar yang dikembangkan secara lebih berkualitas dibutuhkan waktu penelitian dan pengembangan yang relatif lama (multy years). Hal tersebut perlu dilakukan sebab bahan ajar yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh siswa seluruh Indonesia dengan kualitas yang lebih baik dan yang lebih penting adalah mendorong siswa untuk mau membaca bahan ajar (d) dalam uji coba pengembangan bahan ajar ini tidak sampai memperhatikan pengaruh bahan ajar hasil pengembangan terhadap hasil belajar siswa. Untuk memperoleh hasil yang lebih berkualitas pada pengembangan buku ini sebaiknya dilakukan tes kepada siswa sebelum dan sesudah membaca buku hasil pengembangan ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Apr 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |