Pandangwati, Titis (2016) Pengembangan multimedia pembelajaran materi kerajinan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Porong / Titis Pandangwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pandangwati Titis.2016.Pengembangan Multimedia Pembelajaran Materi Kerajinan Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Di SMA Negeri 1 Porong.Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing (I) Eka Pramono Adi S.IP M.Si (II) Dr. Henry Praherdiono M.Pd. Kata Kunci Multimedia Pembelajaran Kerajinan Prakarya dan kewirausahaan Pemanfaatan teknologi informasi melalui bahan belajar digital (Learning Object) berdasarkan langkah pembelajaran yang mendukung tujuan kurikulum 2013 pada prakarya dan kewirausahaan harus mampu mencakup media yang menimbulkan kreatifitas peserta didik untuk menciptakan karya nyata sampai mencapai kemandirian berwirausaha. Oleh karena itu pemenuhan kebutuhan suatu multimedia pembelajaran direalisasikan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran materi kerajinan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan yang valid sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran maupun sebagai sumber belajar mandiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan menurut Lee dan Owens (2004) melalui tahap-tahap (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan dan Implementasi dan (4) Evaluasi. Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik persentase jawaban dari angket. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi materi mencapai 91 25% yang menyatakan bahwa multimedia pembelajaran ini sangat layak/sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran (2) Hasil validasi media mencapai 92 50% yang menyatakan bahwa multimedia pembelajaran ini sangat layak/sangat baik digunakan dalam pembelajaran (3) Hasil uji coba siswa mencapai 82 90% yang menyatakan bahwa multimedia pembelajaran ini sangat baik digunakan dalam pembelajaran. Multimedia Flash pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan dapat berjalan dengan baik oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengguna yaitu (1) Sebelum menggunakan multimedia pembelajaran pastikan LCD Projector sudah diatur dan disiapkan dengan baik agar media dapat ditampilkan dengan jelas (2) Gunakan buku petunjuk penggunaan untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/622 |
Actions (login required)
View Item |