Penguasaan pengetahuan dasar programmer web siswa SMK untuk memenuhi standar kebutuhan industri perangkat lunak / Gress Prettycia Niwinnanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan pengetahuan dasar programmer web siswa SMK untuk memenuhi standar kebutuhan industri perangkat lunak / Gress Prettycia Niwinnanda

Niwinnanda, Gress Prettycia (2018) Penguasaan pengetahuan dasar programmer web siswa SMK untuk memenuhi standar kebutuhan industri perangkat lunak / Gress Prettycia Niwinnanda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Niwinnanda Gress Prettycia. 2017. Penguasaan Pengetahuan Dasar Programmer Web Siswa SMK untuk Memenuhi Standar Kebutuhan Industri Perangkat Lunak. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Haris Anwar Syafrudie M.Pd. (II) Dr. R.M. Sugandi M.T. Kata Kunci programmer web pemrograman HTML dan CSS pemrograman PHP pemrograman database. SMK sebagai salah satu jenis pendidikan menengah di Indonesia harus mampu membentuk kompetensi yang memenuhi kebutuhan masa depan lulusannya dengan melihat realitas tempat kerja dan teknologi yang berkembang. Keberhasilan SMK dilihat dari lulusan yang siap kerja diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI). Profil lulusan SMK sebagai tenaga kerja yang dibutuhkan oleh DU/DI adalah lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidang pekerjaannya. Kota Malang sebagai salah satu kota yang memiliki banyak industri kreatif yang saat ini sedang dan selalu berkembang tidak terlepas akan kebutuhan tenaga kerja terampil yang siap untuk bersaing dalam mengikuti perkembangan dunia industri salah satunya industri pengembangan perangkat lunak website. Salah satu kompetensi keahlian di SMK yang lulusannya diharapkan mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam hal pengembangan web adalah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Lulusan SMK RPL sebagai programmer web harus menguasai pengetahuan dasar yang akan berpengaruh terhadap keterampilan dalam pengembangan perangkat lunak website yang meliputi pengetahuan pemrograman HTML dan CSS pengetahuan pemrograman PHP dan pengetahuan pemrograman database. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian adalah siswa SMK Negeri di Kota Malang. Sampel penelitian sebanyak 99 siswa yang merupakan siswa SMK kelas XII Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan soal tes pilihan ganda yang berjumlah 39 soal dengan lima pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pemrograman HTML dan CSS dapat dikuasai oleh siswa SMK RPL ditunjukkan dengan capaian skor tes dari 39 siswa cenderung berada di atas rata-rata dan termasuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 57 54 dengan perolehan skor minimum sebesar 18 00 dan skor maksimum atau tertinggi adalah 94 00. Namun pembelajaran pemrograman HTML dan CSS lebih banyak mengakomodasi siswa untuk membuat kode program menggunakan perangkat lunak siap pakai sehingga penerapan pengetahuan HTML dan CSS belum sesuai dengan tujuan yaitu menuntut siswa untuk menggunakan logika yang dapat membantu dalam pembentukan keterampilan berfikir algoritmik. Sedangkan capaian pengetahuan pemrograman PHP siswa SMK RPL cenderung berada di atas rata-rata dan termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 73 01 dengan perolehan skor minimum sebesat 31 00 dan skor maksimum atau tertinggi adalah 100 00. Namun prosesii pembelajaran pemrograman PHP didominasi oleh aktifitas menulis kode program saja tanpa melatih keterampilan siswa untuk berfikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ditemukan selama pembelajaran pemrograman. Pengetahuan pemrograman database juga cenderung berada di atas rata-rata dan termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 69 49 dengan perolehan skor minimum sebesar 0 00 dan skor maksimum atau tertinggi adalah 100 00. Namun proses pembelajaran pemrograman database belum memfasilitasi siswa dalam pengujian aplikasi web yang terintegrasi dengan sistem basis data sehingga proses pembentukan pengetahuan pemrograman database belum dilakukan secara menyeluruh sesuai dengan tujuan pembelajaran pemrograman web yaitu menghasilkan halaman web yang dibangun dengan bahasa pemrograman HTML CSS dan PHP serta terintegrasi dengan server basis data seperti MySQL.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62004

Actions (login required)

View Item View Item