Putranto, Hari (2017) Kontribusi motivasi belajar, praktik industri dan iklim perkuliahan terhadap kemampuan keguruan untuk menunjang employability skill pada mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Hari Putranto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hari Putranto. 2017. Analisis Kontribusi Motivasi Belajar Praktek Industri dan Iklim Perkuliahan Terhadap Kemampuan Keguruan Untuk Menunjang Employability Skill Pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T (II) Dr. Hary Suswanto S.T. M.T. Kata Kunci Motivasi Belajar Praktek Industri Iklim Perkuliahan Kemampuan Keguruan dan Employability Skill Employability skill merupakan sejumlah keterampilan non-teknis yang bersifat dapat ditransfer ke dalam berbagai bidang pekerjaan diperlukan untuk memasuki dunia kerja untuk bertahan pada pekerjaan dan mengembangkan karir di tempat kerja ataupun untuk pengembangan karir di tempat kerja baru. Penelitian ini bertujuan menganalisis kontribusi variabel motivasi belajar (x1) Praktek Industri (x2) dan iklim perkuliahan (x3) sebagai variabel bebas terhadap kemampuan keguruan (y) sebagai variabel antara untuk menunjang employability skill sebagai variabel terikat mahasiswa S1 PTE sebagai calon guru. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi (pengaruh) variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat melalui hubungan kausal. Model analisa pola hubungan antar variabel yang digunakan adalah analisa jalur (path analysis) model persamaan struktural karena berdasarkan pada tujuannya yaitu untuk mengetahui hubungan kausal secara langsung dan tidak langsung variabel-variabel bebas (eksogen) terhadap variabel terikat (endogen).. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar praktek industri iklim perkuliahan terhadap kemampuan keguruan serta dampaknya pada employability skill sebesar 70 4% (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara antara motivasi belajar praktek industri iklim perkuliahan terhadap kemampuan keguruan sebesar 76% (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan keguruan sebesar 3 31% (4) terdapat kontribusi yang signifikan antara praktek industri terhadap kemampuan keguruan sebesar 12 67% (5) terdapat kontribusi yang signifikan antara iklim perkuliahan terhadap kemampuan keguruan sebesar 17 64% (6) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar terhadap employability skill sebesar 0 03136% (7) terdapat kontribusi yang signifikan antara praktek industri terhadap employability skill siswa sebesar 15 054% (8) terdapat kontribusi yang signifikan antara iklim perkuliahan terhadap employability skill siswa sebesar 3 84% dan (9) terdapat kontribusi yang signifikan antara kemampuan keguruan terhadap employability skill sebesar 6 672%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar praktek industri dan iklim perkuliahan terhadap kemampuan keguruan dan berdampak langsung pada employability skill.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61986 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |