Kontribusi nilai hasil belajar mata pelajaran produktif dan efikasi diri terhadap nilai praktik kerja lapangan serta dampaknya pada kesiapan kerja siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Malang / Nike Nur Farida - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi nilai hasil belajar mata pelajaran produktif dan efikasi diri terhadap nilai praktik kerja lapangan serta dampaknya pada kesiapan kerja siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Malang / Nike Nur Farida

Farida, Nike Nur (2017) Kontribusi nilai hasil belajar mata pelajaran produktif dan efikasi diri terhadap nilai praktik kerja lapangan serta dampaknya pada kesiapan kerja siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Malang / Nike Nur Farida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farida Nike Nur. 2017. Kontribusi Nilai Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif dan Efikasi Diri Terhadap Nilai Praktik Kerja Lapangan Serta Dampaknya pada Kesiapan Kerja Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Marji M.Kes. (II) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. Kata Kunci nilai hasil belajar mata pelajaran produktif efikasi diri nilai Praktik Kerja Lapangan kesiapan kerja Tingginya angka penganggran lulusan SMK menjadi salah satu kelemahan SMK yakni kurang mampu mencetak tenaga kerja yang siap pakai untuk industri. Salah satu faktor tingginya angka pengangguran adalah karena rendahnya kesiapan kerja siswa lulusan. Beberapa unsur penting yang dapat menunjang kesiapan kerja siswa SMK diantaranya hasil belajar siswa selama di sekolah keyakinan diri (efikasi diri) serta pengalaman yang didapat siswa saat di Industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi nilai hasil belajar mata pelajaran produktif (X1) dan efikasi diri (X2) terhadap nilai Praktik Kerja Lapangan dan kesiapan kerja siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Malang. Sampel penelitian sebanyak 177 responden dari 4 (empat) sekolah ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan angket tertutup. Pengujian analisis jalur terbagi menjadi dua yaitu secara simultan dan individu. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi yang signifikan antara nilai hasil belajar mata pelajaran produktif terhadap nilai PKL dengan nilai kontribusi sebesar 12 81%. Efikasi diri memiliki kontribusi yang signifikan terhadap nilai PKL sebesar 3 57%. Nilai hasil belajar mata pelajaran produktif dan efikasi diri memiliki kontribusi yang signifikan terhadap nilai PKL sebesar22 5%. Nilai hasil belajar mata pelajaran produktif memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 10 42%. Efikasi diri memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 1 72%. Nilai Praktik Kerja Lapangan memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 19 89%. Nilai hasil belajar mata pelajaran produktif efikasi diri dan nilai Praktik Kerja Lapangan memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kesiapan kerja sebesae 52 7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar mata pelajaran produktif dan efikasi diri berkontribusi terhadap nilai Praktik Kerja Lapangan dan kesiapan kerja. Jika nilai hasil belajar mata pelajaran produktif dan efikasi tinggi maka nilai Praktik Kerja Lapangan dan kesiapan diri siswa juga akan tinggi. ABSTRAC Farida Nike Nur. 2017. Contribution of Learning Outcomes productive subjects and Self-efficacy to the Value of internship and Its Impact on Work Readiness of vocational high school in Light Vechical Engineering Malang City. Thesis Vocational Education Studies Program Postgraduate State University of Malang. Counselor (I) Prof. Dr. Marji M.Kes. (II) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. Keywords value of learning result of productive subjects self efficacy value of internship work readiness The high number of unemployement of Vocational High School (VHS) graduatees is one of the weakness of VHS which is lack of the capability to from the labor who ready for industry. The factor of high unemployement is the lack of readiness of graduatee . Some important elements which support the readiness of vocational students such as student learning outcomes during the school self belief (self efficacy) and industrial experience during internship. The aims of this study is determine the contribution of the value of learning outcomes of productive subjects (X1) and self efficacy (X2) to the value of internship (Y) and the readiness of student (Z). This research uses quantitative approach with data analysis using path analysis. The population of this research is the second year student (XI) of state vocational high school-specialist in light vechical engineering in Malang. 177 respondents from 4 (four) schools are the samples determined by proportional random sampling technique. Data collection techniques used questionnaires and documentation. This research instrument used closed questionnaire. The test of path analysis is divided into two simultaneously and individually. The result of this research shows that there is a significant contribution between the value of learning result of productive subject to the value of internship with contribution 12 81%. Self efficacy has a significant contribution to the value of internship 3.57%. The value of learning results of productive subjects and self efficacy has a significant contribution to the value of internship 22.5%. The value of learning outcomes of productive subjects has a significant contribution to job readiness 10.42%. Self efficacy has a significant contribution to job readiness 1.72%. The Value of internship has a significant contribution to job readiness 19.89%. The value of the learning outcomes of productive subjects self efficacy and the value of internship has a significant contribution to job readiness 52.7%. So it can be concluded that the value of learning results of productive subjects and self efficacy contribute to the value of internship and work readiness. If the high value of learning outcomes of productive subjects and self efficacy then the value of internship and student readiness will also be high.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61975

Actions (login required)

View Item View Item