Zunaidi (2016) Pengaruh strategi pembelajaran dan bakat mekanik terhadap hasil belajar kompetensi sistem pengapian mesin di SMK Bagian Keahlian Mekanik Otomotif / Zunaidi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zunaidi 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Bakat Mekanik terhadap Hasil Belajar Kompetensi Pemeliharaan Sistem Pengapian Di SMK Bagian Keahlian Otomotif. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Waras Kamdi M.Pd (2) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat ST. M.Pd. Kata Kunci startegi pembelajaran bakat mekanik hasil belajar kompetensi pemeliharaan sistem pengapian. Peningkatan sumber daya manusia dalam bersaing menuju persaingan bebas saat ini sangat penting terutama bekal atau keahlian yang dimiliki oleh seorang lulusan siswa sekolah menengah kejuruan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan terutama dilihat dari hasil belajar disekolah dan dilingkungan luar sekolah. Hasil belajar yang baik tidak lepas dari peran guru dalam mengelola kelas dimana salah satu perantersebut dapat diwujudkan dalam bentuk penggunaan strategi pembelajaran yang digunakan didalam kelas. Hasil belajar adalah hal yang selalu menjadi tujuan utama dari setiap pelaksanaan proses pembelajaran. Inti dari proses pembelajaran adalah penyampaian informasi melalui pemberian pengalaman oleh pendidik kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Salah satu hasil belajar di SMK adalah kompetensi pemeliharaan sistem pengapian. Pencapaian kompetensi pemeliharaan sistem pengapian dipengaruhi oleh dua hal yakni strategi pembelajaran dan bakat siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1)Apakah ada perbedaan hasil belajar sistem pengapian antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran diskoveri dengan kelompok siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori (2) Apakah ada perbedaan hasil belajar sistem pengapian antara kelompok siswa yang memiliki bakat mekanik tinggi dengan siswa yang memiliki bakat mekanik rendah dan (3) Apakah ada interaksi antara penggunaan dua strategi dan bakat mekanik terhadap hasil belajar sistem pengapian. Untuk menjawab permasalahan di atas penelitian ini dijalankan dengan rancangan kuasi eksperimental dimana kelompok eksperimental diajar dengan strategi pembelajaran diskoveri dan kelompok kontrol diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN I Jetis Mojokerto. Dimana kelompok eksperimen terdiri dari 32 siswa dan kelompok kontrol terdiri dari 30 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis ANAVA dua jalur. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai observasi (Fhitung 8 316 Ftabel 3 16 untuk taraf signifikansi p 0 05). Artinya terdapat perbedaan hasil belajar kompetensi pemeliharaan sistem pengapian yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran diskoveri. Hasil analisis varian menunjukkan bahwa (Fhitung 5 570 Ftabel 3 16 untuk taraf signifikansi p 0 05). Artinya terdapat perbedaan hasil belajar pencapaian kompetensi mengelas sambungan sudut antara siswa yang memiliki bakat mekanik tinggi dengan siswa yang memiliki bakat berpikir mekanik cukup dan siswa yang memiliki bakat mekanik rendah dan hasil analisis hipotesis 3 menunjukkan bahwa (Fhitung 1 498 F tabel 3 16 untuk taraf signifikansi p 0 05) dengan tingkat signifikansi 0 232. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar (1) kepada para Kepala Sekolah Kejuruan perlu adanya pemahaman kemampuan belajar peserta didik agar dapat memberikan perlakuan yang tepat dalam proses pembelajaran terutama pada pemilihan strategi penyampaian atau strategi dalam mengajar dikelas sehingga dapat memaksimalkan hasil belajar siswa sesuai dengan kemampuannya. Pemilihan model pembelajaran diskoveri sangat dianjurkan dalam kegiatan pembelajaran terutama di kelas praktek atau bengkel penetapan kebijakan melaksanakan tes bakat dan kemampuan siswa dengan melibatkan pihak yang kompeten dalam penerimaan siswa baru dalam menentukan program keahlian masing-masing siswa (2) kepada seluruh guru yang mengajar di sekolah/di bengkel diharapkan memilih model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran diskoveri dalam pembelajaran sistem pengapian sehingga para guru tidak banyak mengalami kendala dalam pembelajaran dan (3) kepada para peneliti yang berminat melakukan penelitian sejenis disarankan untuk menambah beberapa variabel penelitian belajar sistem kelistrikan agar memperoleh informasi data hasil belajar yang lebih maksimal dan akurat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |