Hasbi (2015) Kontribusi pengalaman PRAKERIN, bimbingan karir dan peran guru terhadap minat berwirausaha siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Bangunan di Malang / Hasbi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hasbi. 2015. Kontribusi Pengalaman Prakerin Bimbingan Karir dan Peran Guru Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Bangunan di Malang. Tesis Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mardji M.Kes. (2) Dr. H. Ahmad Dardiri M.Pd Kata kunci minat berwirausaha pengalaman prakerin bimbingan karir peran guru. Penanaman kewirausahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha bagi siswa SMK merupakan aspek penting dalam menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja (berwirausaha). Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dan kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini melibatkan tiga variabel bebas yaitu pengalaman prakerin bimbingan karir dan peran guru sedangkan variabel terikatnya adalah minat berwirausaha. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Malang yang telah melaksanakan Prakerin sebanyak 100 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis analisis regresi ganda dan uji korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi antara pengalaman prakerin bimbingan karir dan peran guru terhadap minat berwirausaha siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Bangunan di Malang. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai kontribusi yang diperoleh dari uji korelasi parsial. Pengalaman prakerin memberikan kontribusi sebesar 0 372 atau sekitar 37 2% bimbingan karir memberikan kontribusi sebesar 0 028 atau sekitar 2 8% dan Peran guru memberikan kontribusi sebesar 0 351 atau sekitar 35 1%. Sedangkan secara simultan memberikan kontribusi sebesar 0 752 atau sekitar 75 2% sisanya 28 8% dipengaruhi oleh variabel lain.Berdasarkan hasil analisis dengan melihat kecenderungan skor yang diperoleh minat berwirausaha siswa termasuk dalam kategori tinggi. Dari 100 orang responden yang termasuk pada kategori sangat tinggi sebanyak 10 orang atau sekitar 10% kategori tinggi sebanyak 44 orang atau sekitar 44% kategori cukup sebanyak 26 orang atau sekitar 26% dan kategori kurang sebanyak 20 orang atau sekitar 20%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Minat berwirausaha dipengaruhi oleh pengalaman prakerin dimana pengalaman memberikan pengetahuan dan pengalaman dalam bekerja sehingga dapat membentuk minat siswa dalam berwirausaha. Bimbingan karir juga berperan sebab dengan adanya bimbingan karir siswa akan lebih diarahkan dengan berbagai macam metode agar mempunyai kemampuan untuk mengenali diri dan lingkungannya serta dapat mengarahkan pribadinya dan merancangkan masa depannya dengan tepat. Selain itu peran guru juga sangat berperan peran guru memiliki konstribusi dalam membentuk minat berwirausaha siswa karena pelaksanaan proses pembelajaran di dalam kelas setidaknya akan membentuk sikap serta minat siswa untuk berwirausaha.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |