Al Ansyorie, Mohammad Musthofa (2015) Analisis hubungan proses kemitraan antara SMK dengan perusahaan terhadap kompetensi siswa dan keterserapan lulusan di dunia kerja pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang / Mohammad Musthofa Al Ansyorie. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ansyorie Mohammad Musthofa Al. 2015.Analisis Hubungan Proses Kemitraan antara SMK dengan Perusahaan terhadap Kompetensi Siswa dan Keterserapan Lulusan di Dunia Kerja Pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir.Soenar Soekopitojo M.Si (II) Dr. Hary Suswanto S.T. M.T. Kata kunci kemitraan prakerin ukk kompetensi keterserapan. Kemitraan antara SMK dan perusahaan penting dilakukan agar kompetensi siswa dapat menyesuaikan kurikulum pendidikan dan kebutuhan perusahaan sehingga mendukung keterserapan lulusan di dunia kerja. Penelitian ini secara umum bertujuan (1) mengetahui proses kemitraan yang terjalin antara program keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMKN 6 dengan perusahaan dalam bentuk pengelolaan prakerin dan pengelolaan UKK (2) mengetahui hubungan pengelolaan prakerin dan pengelolaan UKK dengan kompetensi siswadan keterserapan lulusan proses kemitraan yang terjalain antara program keahlian TGB SMKN 6 Malang dengan perusahaan secara simultan dan parsial (3) mengetahui kontribusi pengelolaan prakerin pengelolaan UKK dan kompetensi siswa terhadap keterserapan lulusan proses kemitraan yang terjalin antara program keahlian TGB SMKN 6 Malang dengan perusahaan. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex-postfacto dan penelitian survei. Alat pengumpulan datayaitu dokumentasi dan kuesioner/angket. Populasi penelitian ini yaitu Waka Humas Ketua dan guru produktif program keahlian TGB SMKN 6 Malang dan direktur serta karyawan perusahaan yang bermitra dengan program keahlian TGB SMKN 6 Malang. Teknik sampling penelitian ini adalah disproportionate startified random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 45 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (analisis jalur)dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan proses kemitraan dalam bentuk prakerin dan UKK meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi serta sertifikasi belum maksimal.Pengelolaan prakerin dan pengelolaan UKK secara simultan berhubungan dengan kompetensi siswa dengan nilai korelasi 0 630.Pengelolaan prakerin pengelolaan UKK dan kompetensi siswa secara simultan berhubungan namun tidak signifikan dengan keterserapan lulusan dengan nilai korelasi 0 241. Pengelolaan prakerin dan pengelolaan UKK berkontribusi secara signifikan terhadap kompetensi siswa sebesar 39 6%. Pengelolaan prakerin pengelolaan UKK dan kompetensi siswa tidak berkontribusi secara signifikanterhadap keterserapan lulusan dengan kontribusi sebesar 5 8%. Terkait dengan kemitraan tersebut disarankan bagi pihak sekolah dan industri agar lebih meningkatkan kualitas intensitas dan keterlibatan kedua pihak dalam kemitraan sehingga kompetensi siswa sesuai dengan kebutuhan sekolah dan perusahaanagar dapat memberikan dampak terhadap keterserapan lulusan didunia kerja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |