Sulistianingsih, As (2014) Kontribusi motivasi untuk bekerja dan prestasi belajar autocad terhadap kesiapan kerja siswa di bidang jasa konstruksi SMK se-Malang Raya / Sulistianingsih As. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
AS Sulistianingsih. 2014. Kontribusi Motivasi untuk Bekerja dan Prestasi Belajar AutoCAD terhadap Kesiapan Kerja Siswa di Bidang Jasa Konstruksi. Tesis Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mardji M.Kes. (2) Dr. R. Machmud Sugandi M.T. Kata kunci kesiapan kerja motivasi untuk bekerja prestasi belajar AutoCAD. Kesiapan kerja adalah kondisi seseorang yang telah memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kesiapan kerja sangat penting dimiliki oleh seorang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) karena siswa SMK merupakan harapan masyarakat untuk menjadi lulusan yang mempunyai kompetensi sesuai bidang keahliannya. Seiring dengan kebutuhan industri yang semakin meningkat serta kemajuan teknologi yang pesat semakin menuntut proses yang serba cepat namun tepat. Tuntutan dunia industri tersebut mengharuskan dunia pendidikan untuk membekali para siswa agar saat lulus nanti sudah siap menghadapi dunia kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dan kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini melibatkan dua variabel bebas yaitu motivasi untuk bekerja dan prestasi belajar AutoCAD sedangkan variabel terikatnya adalah kesiapan kerja siswa di bidang jasa konstruksi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang telah melaksanakan Prakerin sebanyak 100 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan ada kontribusi positif antara motivasi untuk bekerja dan prestasi belajar AutoCAD terhadap kesiapan kerja siswa di bidang jasa konstruksi. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai kontribusi yang diperoleh yaitu sebesar 49% dan 51% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Motivasi untuk bekerja memberikan kontribusi sebesar 19 7% dan prestasi belajar AutoCAD memberikan kontribusi sebesar 41 5%. Sumbangan efektif yang diberikan oleh kedua variabel (motivasi untuk bekerja dan prestasi belajar AutoCAD) sebesar 49%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah motivasi untuk bekerja memberikan kontribusi yang lebih kecil dibandingkan prestasi belajar AutoCAD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |