Wardhani, Eka R. (2013) Hubungan antara pemanfaatan dan persepsi pengelolaan sarana prasarana teaching factory perakitan laptop dengan pencapaian kompetensi perakitan komputer di SMKN 4 Malang / Eka R. Wardhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Teaching Factory Perakitan Laptop Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pencetak tenaga terampil dan kompeten di bidangnya harus bisa selaras dengan dan berorientasi pada kebutuhan dunia industri. Salah satu strategi untuk mewujudkan visi SMK adalah dengan melaksanakan program Teaching Factory yang salah satunya berupa unit produksi perakitan laptop. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara pemanfaatan sarana dan prasarana Teaching Factory perakitan Laptop dengan pencapaian kompetensi perakitan komputer (2) mengetahui hubungan antara persepsi pengelolaan sarana dan prasarana Teaching Factory perakitan laptop dengan pencapaian kompetensi perakitan komputer (3) mengetahui hubungan antara pemanfaatan dan persepsi pengelolaan sarana prasarana Teaching Factory perakitan laptop dengan pencapaian kompetensi perakitan komputer. Jenis penelitian ini adalah asosiatif menggunakan pendekatan deskriptif korelasional untuk mengungkapkan hubungan variabel bebas dengan variabel terikat. Masing-masing variabel bebas (X1 dan X2) dianalisis besar hubungannya dengan variabel terikat (Y) menggunakan notasi r1 dan r2 menggunakan korelasi Pearson karena jumlah sampel 30. Kemudian r3 notasi variabel bebas (X1 dan X2) secara bersama dianalisis besar hubungannya terhadap variabel terikat (Y) menggunakan Korelasi Ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan sarana prasarana berkorelasi (positif) dengan pencapaian kompetensi (2) Pengelolaan sarana prasarana berkorelasi dengan pencapaian kompetensi dan (3) Pengelolaan dan pemanfaatan sarana prasarana Teaching Factory perakitan laptop berkorelasi secara simultan dengan pencapaian kompetensi. Berdasarkan kesimpulan disarankan kepada (1) Wakil Kepala SMKN 4 Malang Bidang Sarana Prasarana untuk memperbaiki Persepsi Pengelolaan sarana prasarana Teaching Factory perakitan laptop melalui peningkatan dan mengembangkan peranan untuk menunjang pelaksanaan pendidikan kewirausahaan bagi siswa pencitraan yang baik dan lebih meningkatkan pencapaian kompetensi dan (2) Wakil Kepala SMKN 4 Malang Bidang Kurikulum untuk meningkatkan pemanfaatan Teaching Factory Perakitan Komputer secara optimal untuk menciptakan iklim industri di sekolah sehingga peserta didikmendapat pengalaman sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan pencapaian standar kompetensi mereka dalam memproduksi barang jadi dan hasil rakitan yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61860 |
Actions (login required)
View Item |