Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian, kompetensi sosial guru, dan sikap belajar siswa SMK Negeri di Kabupaten Sidoarjo / Fx Budi Rahardjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian, kompetensi sosial guru, dan sikap belajar siswa SMK Negeri di Kabupaten Sidoarjo / Fx Budi Rahardjo

Rahardjo, Fx Budi (2012) Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian, kompetensi sosial guru, dan sikap belajar siswa SMK Negeri di Kabupaten Sidoarjo / Fx Budi Rahardjo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kompetensi pedagogi kompetensi profesionsl kompetensi kepribadian kompetensi sosial. Tantangan utama yang dihadapi dunia pendidikan sekarang ini dan untuk masa yang akan datang adalah bagaimana mempersiapkan sumberdaya pelaksana pembangunan yang berkualitas bukan saja yang mampu dan terampil melakukan pekerjaan tetapi yang juga mempunyai inovasi dan kreativitas tinggi serta mempunyai daya analisis dan pandangan jauh ke depan. Tantangan tersebut sejalan dengan tuntutan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 pasal 3 Tahun 2003 yang menghendaki terwujudnya pengembangan sikap dan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Mahaesa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab. Diperlukan berbagai unsur penunjang agar tuntutan dan tantangan tersebut bisa terwujut dan salah satunya adalah guru yang berkompeten dibidang pedagogi professional kepribdian dan sosial Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan hubungan antara variabel-variabel Persepsi siswa terhadap Kompetensi Pedagogi guru Kompetensi Profesional Guru Kompetensi Kepribadian Guru Kompetensi Sosial Guru dan Sikap Belajar Siswa SMK Negeri di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini mengguanakan rancangan analisis korelasional. Populsi penelitian adalah siswa SMKN sidoarjo yang berjumlah 507 siswa sedangkan penetapan sampel melibatkan siswa sebanyak 302 siswa. Instrumen yang menyangkut Persepsi siswa terhadap Kompetensi Pedagogi guru Kompetensi Profesional Guru Kompetensi Kepribadian Guru Kompetensi Sosial Guru dan Sikap Belajar Siswa dikembangkan dengan menggunakan Skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan program SEM AMOS 19. Hasil analisis analisis data memperlihatkan (1) tidak ada hubungan yang signifikan antara Persepsi siswa terhadap Kompetensi Pedagogi guru dan Sikap Belajar Siswa (2) tidak ada hubungan yang signifikan antara Persepsi siswa terhadap Kompetensi Professional guru dan Sikap Belajar Siswa (3) tidak ada hubungan yang signifikan antara Persepsi siswa terhadap Kompetensi Kepribadian guru dan Sikap Belajar Siswa. (4) ada hubungan yang signifikan antara Persepsi siswa terhadap Kompetensi Sosial guru dan Sikap Belajar Siswa Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan sebagai berikut (1) kepala sekolah SMKN di Sidoarjo yang berperan sebagai pengolah pendidikan untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan dalam menentukan kebijakan sekolah khususnya dalam memotivasi guru untuk selalu meningkatkan kompetensi kerjanya. (2) guru SMKN di sidoarjo menjadikan hasil penelitian ini sebagai penambah pengetahuan tentang persepsi tentang kompetensi sosial guru pada khususnya dan kompetensi guru pada umumnya. (3) para pengawas sekolah menjadikan hasil penelitian ini sebagai masukan untuk membina guru dan kepala sekolah diwilayahnya dalam upaya meningkatkan kemampuan profesionalnya. (4) Kepala Dinas Pendidikan Kota Sidoarjo menjadikn hasil penelitian ini sebagai dasar untuk pengambilan kebijakan dalam motivasi dan meingkatkan kompetensi guru.(5) para peneliti lain menjadikan hasil penelitian ini sebagai rujukan khususnya yang berhubungan dengan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61851

Actions (login required)

View Item View Item