Hidayat, Taufik (2011) Pengaruh penggunaan media pembelajaran bentuk animasi terhadap kompetensi sistem transmisi mobil jenis syncronmesh pada siswa Program Mekanik Otomotif di SMK PU Malang / Taufik Hidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci media pembelajaran animasi transmisi syncronmesh. Beberapa upaya telah dilakukan oleh guru mata diklat transmisi seperti un-tuk me ngatasi kesulitan siswa dalam memahami gerakan sistem transmisi biasa nya gu ru akan menunjukkan benda sebenarnya kepada siswa menggunakan potongan sebagian ru mah mesin untuk menunjukkan bentuk setiap komponen yang ada dan menggunakan media gambar untuk menjelaskan cara kerja system transmisi tetapi hal ini be lum bisa mem berikan penjelasan secara maksimal karena sis tem transmisi bekerja pada kon disi mesin tertutup. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas maka di perlukan media pembelajaran yang dapat membantu pro ses pembelajaran. Salah sa tu media pembelajaran sistem transmisi yang paling se suai yaitu menggunakan me dia animasi. Dengan media animasi diharapkan guru lebih mudah dalam me nyam paikan materi pembelajaran dan siswa tidak mengala mi kesulitan dan kesa lah an dalam memahami suatu gerakan sistem transmisi yang bergerak pada kon di si mesin tertutup. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut maka dipandang perlu untuk dilakukan penelitian tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran bentuk ani masi terhadap kompetensi sistem trans misi mobil jenis syncronmesh pa da siswa program Mekanik Otomotif di SMK PU Malang maka penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut (1) Ada perbedaan pemahaman sistem transmisi mobil jenis syncronmesh antara kelompok siswa yang diajar menggunakan media animasi dan kelompok siswa yang diajar menggunakan media gambar. (2) Ada perbedaan keterampilan praktik sistem transmisi mobil jenis syncronmesh antara kelompok siswa yang diajar menggunakan media animasi dan kelompok siswa yang diajar menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan metode ran cangan eks pe rimental semu (quasi expe ri mental) yang bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan sistem pembela jaran dengan strategi peman fa atan media gambar dan media animasi pada pembelajaran sistem trans misi mobil jenis syncronmesh. Oleh karena itu penelitian eks perimental ini menggunakan dua kelompok sub yek yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelas 32 orang siswa sehingga seluruh subyek berjumlah 64 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini dipilah menjadi dua yaitu (1) pengguna an media animasi dalam pembelajaran sis tem trans misi mobil jenis syncron mesh (X1) dan (2) penggunaan media gambar dalam pembelajaran sis tem trans misi mobil jenis syncronmesh (X2) variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar kompetensi sistem transmisi mobil jenis syncronmesh yang dipilah menjadi dua yaitu (1) pemahaman sistem transmisi mobil jenis syncronmesh dan (2) keterampilan praktik sistem transmisi mobil jenis syncronmesh dan Variabel kontrol dalam penelitian ini meliputi materi pembelajaran sistem transmisi yang diberikan mesin unit transmisi ruang bengkel pengajar dan waktu belajar. Semua variabel-variabel tersebut dibuat sama pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Ada perbedaan pemahaman sistem transmisi mobil jenis syncronmesh antara kelompok siswa yang diajar menggunakan media animasi dan kelompok siswa yang diajar menggunakan media gambar pada siswa Jurusan Kendaraan Ringan di SMK PU Malang. (2) Ada perbedaan keterampilan praktik sistem transmisi mobil jenis syncronmesh antara kelompok siswa yang diajar mengguna kan media animasi dan kelompok siswa yang diajar menggunakan media gambar pada siswa Jurusan kendaraan Ringan di SMK PU Malang. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diberikan saran-saran sebagai berikut (1) Diharapkan bagi guru-guru yang mengajar pelajaran chasis selain transmisi dapat memanfaatkan media animasi sebagai media penunjang dalam proses belajar mengajar sehingga dapat mempermudah pemahaman siswa dalam proses belajar. (2) Kepada guru otomotif sebaiknya dapat mulai menggunakan metode pembelajaran yang dilengkapi media animasi pada waktu mengajar karena dari hasil penelitian membuktikan bahwa dengan metode pembelajaran yang dilengkapi media animasi telah dapat meningkatkan nilai kemampuan siswa dalam sistem transmisi mobil jenis syncronmesh dibandingkan dengan metode yang dilengkapi media gambar biasa. (3) Kepada para peneliti yang akan melakukan penelitian yang sejenis disarankan untuk meneliti pendekatan yang lain untuk memperoleh hasil pengajaran yang lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61821 |
Actions (login required)
View Item |