Peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang melalui model Student Teams Achievment Divisions (STAD) kelas IV SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar / Qusnul Cahyati Aisyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang melalui model Student Teams Achievment Divisions (STAD) kelas IV SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar / Qusnul Cahyati Aisyah

Aisyah, Qusnul Cahyati (2016) Peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang melalui model Student Teams Achievment Divisions (STAD) kelas IV SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar / Qusnul Cahyati Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aisyah Qusnul Cahyati 2016 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Student Teams Achievment Divisions (STAD) Pada Kelas IV SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd (2) Dra. Hj. Sri Murdiyah M.Pd Kata kunci peningkatan hasil belajar model pembelajaran student teams achievment divisions (STAD) Hasil observasi di SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar menunjukkan guru tidak menerapkan pembelajaran berkelompok dan berdampak pada hasil kerja siswa dimana 16 dari 21 siswa dinyatakan tidak lulus dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan model Student Teams Achievment Divisions (STAD). Model STAD memiliki kelebihan pembelajaran secara berkelompok yang berpusat pada siswa. Siswa dapat melakukan diskusi dengan kelompok untuk memperoleh hasil belajar yang meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari siklus siklus dengan komponen berupa perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara catatan lapangan dokumentasi dengan instrumen berupa pedoman wawancara lembar observasi dan lembar catatan lapangan.Sedangkan dalam analisis data dilakukan langkah berupa reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut nilai rata-rata observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 73% dan meningkat pada siklus II sebesar 100%. Sedangkan nilai rata-rata observasi siswa pada siklus I sebesar 73% dan meningkat pada siklus II sebesar 100%. Nilai hasil rata-rata siswa pada pratindakan adalah 56 dengan ketuntasan belajar sebesar 24%. Setelah dilaksanakan siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82 dengan ketuntasan belajar sebesar 68%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 90 dengan ketuntasan belajar sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang sudah sangat baik berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rancangan langkah-langkah model STAD. Untuk itu disarankan guru dapat mengembangkan model STAD pada mata pelajaran lainnya siswa hendaknya dapat saling bertukar pendapat saat belajar kelompok dan sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6181

Actions (login required)

View Item View Item