Hubungan bakat mekanik, motivasi belajar, persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar service engine siswa SMK Negeri 1 sedan rembang program keahlian mekanik otomotif / Sigit Wahyudi Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan bakat mekanik, motivasi belajar, persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar service engine siswa SMK Negeri 1 sedan rembang program keahlian mekanik otomotif / Sigit Wahyudi Wibowo

Wibowo, Sigit Wahyudi (2010) Hubungan bakat mekanik, motivasi belajar, persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar service engine siswa SMK Negeri 1 sedan rembang program keahlian mekanik otomotif / Sigit Wahyudi Wibowo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibowo Sigit Wahyudi. 2009. Hubungan Bakat Mekanik Motivasi Belajar Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Service Engine Siswa SMKN 1 Sedan Rembang Program Keahlian Mekanik Otomotif. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd (II) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M.Kom. Kata kunci bakat mekanik motivasi belajar persepsi keterampilan mengajar guru prestasi belajar. Secara garis besar ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah yang timbul dari dalam diri siswa seperti kecerdasan bakat minat perhatian motivasi strategi belajar. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang bersumber dari luar diri siswa terdiri dari lingkungan sekolah profesionalisme guru dan keluarga. Dalam penelitian ini dikaji hal yang mempengarui prestasi belajar ialah bakat mekanik motivasi belajar dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian korelasi dimana variabel independen dikorelasikan dengan variabel dependen. Populasi penelitian adalah siswa SMKN 1 Sedan Rembang kelas XI Program Keahlian Mekanik Otomotif tahun pelajaran 2008/2009 dengan sampel sebanyak 89 siswa. Instrumen yang digu nakan penelitian adalah tes bakat mekanik kuesioner untuk pengambilan data motivasi belajar dan persepsi siswa dokumen hal ini rapor untuk pengambilan data prestasi belajar service engine. Data dianalisa dengan menggunakan teknik analisis korelasi sederhana korelasi ganda dan regresi ganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa bakat mekanik motivasi belajar persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar service engine dengan taraf signifikan 0 05. Ry1 0 560 Ry2 0 489 Ry3 0 466 dan Ry123 0 743. Besarnya sumbangan efektif bakat mekanik dengan prestasi belajar service engine 34 60 motivasi belajar 6 91 dan persepsi siswa 4 45. Saran dalam penelitian ini 1) sekolah hendaknya mengadakan tes bakat mekanik bagi siswa baru karena bakat mekanik mampu memberikan kontribusi tinggi 2) tes bakat mekanik dapat dimanfaatkan dalam membantu siswa menyelesaikan masalah psikologi dan sebagai pertimbangan merencanakan karier maupun studi lanjutan 3) siswa diharapkan dapat mengembangkan bakat mekanik yang telah dimiliki dengan selalu berfikir kreatif dan inovatif 4) siswa diharapkan selalu menggali motivasi internal dan merespon motivasi eksternal dari orang lain agar dapat meningkatkan prestasi belajar 5) guru sebagai pendidik harus selalu memberikan motivasi belajar kepada siswa agar prestasinya meningkat 6) guru menerapkan keterampilan mengajar saat kegiatan belajar mengajar (KBM) sehingga siswa memperoleh prestasi tinggi 7) peningkatkan keterampilan mengajar guru dapat dilakukan dengan jalur pendidikan studi banding dan diklat 8) peneliti berikutnya untuk variabel bakat mekanik motivasi belajar dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru diharapkan dapat dikembangkan dan diuji pada lembaga uji yang terkait dan 9) hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk dikembangkan lebih lanjut dengan variabel bervariasi jumlah variabel banyak dan dimungkinkan pada jenis kompetensi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61774

Actions (login required)

View Item View Item