Makna perilaku konsumsi hijau pada siswa SMA (studi kasus di SMA Negeri 5 Malang) / Nurida Yanuar Kasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna perilaku konsumsi hijau pada siswa SMA (studi kasus di SMA Negeri 5 Malang) / Nurida Yanuar Kasih

Nurida Yanuar (2019) Makna perilaku konsumsi hijau pada siswa SMA (studi kasus di SMA Negeri 5 Malang) / Nurida Yanuar Kasih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Kasih Nurida Yanuar. 2018. Makna Perilaku Konsumsi Hijau Siswa SMA (Studi Kasus di SMA Negeri 5 Malang). Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahjoedi. M.E. M.Pd. (II) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P. Ak Kata Kunci Perilaku Konsumsi Hijau Pembelajaran Pendidikan Ekonomi Perilaku konsumsi hijau yaitu usaha yang dilakukan seorang konsumen untuk melindungi bumi dan diri sendiri dalam membeli produk-produk ramah lingkungan. Jika konsumen memiliki sikap positif terhadap lingkungannya maka ia akan menjaga dan memilih produk-produk yang ramah lingkungan atau produk hijau begitu pula sebaliknya jika konsumen tidak memiliki sikap positif maka konsumen akan mengabaikan lingkungan di sekitarnya. Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia dalam masyarakat yang selalu berhubungan erat dengan bidang apapun. Pendidikan mempunyai tugas dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia untuk pembangunan. Dalam proses pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan jaman yang semakin modern dan tetap memperhatikan keadaan lingkungan sekitar. Ruang lingkup pembelajaran ekonomi diantaranya pendidikan formal pendidikan informal dan pendidikan non formal. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi. Alasan dan metode dan teknik penelitian yang dipilih karena masalah yang dikaji menyangkut penjelasan mengenai pengalaman-pengalaman apa yang di alali oleh siswa dalam berperilaku konsumsi hijau. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang yaitu kelas J4/XI IIS 2 dan kelas KA/IIS 3. Untuk memperoleh sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling . Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumen. Data penelitian berupa hasil tes wawancara yang di lakukan oleh peneliti. Hasil penelitian ini adalah bahwa semakin tingkat pendidikan orang tua mempengaruhi cara berpikir cara pandang dan semakin memudahkan siswa vi dalam memahami isu lingkungan dan serta lebih menjaga kualitas lingkungan dan berperilaku konsumsi hijau. Untuk meningkatkan perilaku konsumsi hijau siswaa bisa mendapatkan pengetahuan tersebut dari pendidikan formal pendidikan informal pendidikan non formal dan internet yang mendukung untuk berperilaku konsumsi hijau. Perilaku konsumsi hijau tidak hanya di terapkan pada diri sendiri tetapi pada lingkungan sekitar juga untuk menjaga kelestariannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61705

Actions (login required)

View Item View Item