Niken Karlina (2019) Pengembangan bahan ajar prakarya dan kewirausahaan berorientasi potensi lokal Kabupaten Trenggalek untuk siswa SMA kelas X / Niken Karlina Saputri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v ABSTRAK Saputri Niken Karlina. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Prakarya dan Kewirausahaan Berorientasi Potensi Lokal Kabupaten Trenggalek untuk Siswa SMA Kelas X. Tesis Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd. Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Prakarya dan Kewirausahaan Potensi Lokal Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti dengan guru mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Trenggalek diperoleh informasi bahwa potensi lokal di Kabupaten Trenggalek masih belom dimaksimalkan oleh guru ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Padahal pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dapat dijadikan sarana peserta didik untuk mengembangkan gagasan atau ide kreatifnya. Selain potensi lokal yang belum dimaksimalkan selama pembelajaran minimnya buku pelajaran sebagai penunjang belajar peserta didik juga menjadi masalah. Selama ini peserta didik hanya belajar dari materi yang diajarkan oleh guru dan melakukan praktik sesuai arahan di rumah tanpa arahan langsung disekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti memilih mengembangkan bahan ajar prakarya dan kewirausahaan berorientasi potensi lokal Kabupaten Trenggalek dengan tujuan dapat dijadikan sebagai salah satu cara peserta didik untuk mengelola potensi lokal di daerahnya. Pengembangan bahan ajar ini dilaksanakan secara kontekstual agar peserta didik dapat belajar dari kondisi nyata di lingkungan sekolah dan tempat tinggal. Penggunaan model Project Based Learning (PjBL) juga dilaksanakan untuk mengajarkan kepada peserta didik mengenai pengolahan makanan khas daerah dengan memanfaatkan potensi lokal Kabupaten Trenggalek. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR) yang memiliki 4 fase tahapan yaitu 1) penelitian pendahuluan dan perencanaan 2) pengembangan produk 3) pengujian dan penyempurnaan produk dan 4) produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah 1) lembar validasi 2) angket 3) tes dan 4) wawancara. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui kevalidan produk dari ahli materi praktisi materi (ahli lapangan) dan ahli desain pembelajaran. Kemudian angket digunakan untuk melihat sejauh mana tanggapan peserta didik terhadap kemenarikan produk tes formatif digunakan untuk melihat keefektifan bahan ajar terhadap pembelajaran di kelas sedangkan wawancara digunakan untuk melihat proses pembelajaran sebelum dan selama penggunaan bahan ajar prakarya dan kewirausahaan berbentuk modul ini diterapkan. Setelah penelitian dilakukan dan semua data telah dikumpulkan peneliti mengolah berbagai data baik dalam bentuk kualitatif maupun kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti diperoleh data bahwa vi bahan ajar yang hendak digunakan telah mendapatkan validasi sebesar 85 % 100% dan 89% dari segi kelayakan isi penyajian dan manfaat oleh ahli materi. Kemudian dari praktisi materi (ahli lapangan) mendapatkan 90% 100% dan 92% dari segi kelayakan isi penyajian dan manfaat serta dari ahli desain pembelajaran mendapatkan 83% 88% dan 87% dari segi kelayakan isi penyajian dan manfaat. Dari uji keefektifan berdasarkan nilai tes formatif peserta didik kelas X IPS 1 di SMA Negeri 1 Trenggalek produk dinyatakan efektif apabila memenuhi standar KKM yaitu 75 dan diperoleh data bahwa ada satu peserta didik yang memiliki nilai 75 sedangkan 33 anak lainnya diatas 75. Untuk uji kemenarikan produk data diperoleh dari angket tanggapan peserta didik dengan nilai persentase secara keseluruhan 84% yang menunjukkan bahwa peserta didik sangat tertarik terhadap penggunaan bahan ajar prakarya dan kewirausahaan berorientasi potensi lokal. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh data bahwa bahan ajar yang dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan kesadaran peserta didik terhadap potensi lokal di lingkungannya serta mampu meningkatkan wawasan dan sikap kewirausahaan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |