Kurnia Tri (2019) Pengembangan model triprakoro dalam pembelajaran kepedulian ekonomi / Kurnia Tri Agustini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Agustini Kurnia Tri. 2018. Pengembangan Model Triprakoro dalam Pembelajaran Kepedulian Ekonomi. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E M.P. Ak. (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci Model Triprakoro Penanaman Nilai Kepedulian Ekonomi Istilah manusia sebagai makhluk ekonomi atau homo economicus dalam materi ekonomi seringkali diidentikkan dengan sifat yang individualistik dan tidak memiliki kepedulian terhadap sosial dan lingkungan. Siswa pada jenjang pendidikan formal mulai dari tingkat dasar menengah dan atas memperoleh pengetahuan manusia ekonomi atau homo economicus dengan prinsip rational man yang selalu mengejar keuntungan maksimal (perilaku produsen) dan kepuasan maksimal (perilaku konsumen). Prinsip ekonomi dengan pengorbanan kecil untuk memperoleh hasil yang sebesar-besarnya dijadikan pedoman melakukan tindakan ekonomi dalam memenuhi kebutuhan.Tindakan ekonomi yang dilakukan berdasarkan motif ekonomi sebagai makhluk ekonomi atau homo economicus sangat wajar dilakukan tetapi seharusnya diimbangi dengan peran hati nurani untuk menghindarkan kesan sebagai makhluk ekonomi atau homo economicus yang individualistik. Hakikatnya posisi manusia selain sebagai makhluk ekonomi atau homo economicus juga sebagai makhluk sosial atau homo socius yang saling membutuhkan dan ketergantungan dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran ekonomi dalam pendidikan formal hendaknya disertai dengan penanaman nilai-nilai kehidupan (sikap) disamping membelajarkan tentang pengetahuan dan keterampilan bagi siswa sebagai bekal kehidupan mereka dalam masyarakat. Hal ini dilakukan agar pembelajaran menghasilkan keseimbangan pencapaian dua tujuan pendidikan yakni dampak pembelajaran berupa kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan serta dampak pengiring berupa kompetensi sikap. Pendidikan yang ideal seharusnya bukan hanya ditujukan untuk transfer pengetahuan antara guru kepada siswa tetapi juga diarahkan agar siswa dapat tulus menghormati dirinya sendiri sekaligus orang lain. Selain itu pembelajaran merupakan proses yang bertujuan memperoleh kompetensi pengetahuan meningkatkan kompetensi keterampilan serta memperbaiki perilaku/sikap (aspek afektif) dan mengokohkan kepribadian. Peran inilah yang selama ini hanya diandalkan pada pendidikan agama dan pendidikan kewarganegaraan. Penanaman nilai-nilai kehidupan semestinya menjadi tanggung jawab pembelajaran seluruh mata pelajaran yang ada dalam pendidikan formal. Atas dasar permasalahan di atas penelitian pengembangan model pembelajaran disini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze-design-development-implementation-evaluation) yang diadaptasi dari Dick and Carry (1996). Produk utama yang dikembangkan berupa sintaks model Triprakoro dalam pembelajaran kepedulian ekonomi disertai dengan produk pelengkap berupa buku panduan guru dengan bagian-bagian 1) pendahuluan 2) kepedulian ii ekonomi 3) model Triprakoro 4) pilihanku 5) instrumen penilaian diri 6) instrumen penilaian teman sebaya 7) tentang penulis dan 7) daftar pustaka. Berdasarkan hasil uji coba implementasi model Triprakoro dalam pembelajaran kepedulian ekonomi menghasilkan dampak langsung dan dampak penyerta/pengiring. Dampak pembelajaran langsung antara lain 1) siswa dapat menemukan konsep nilai kepedulian ekonomi 2) siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan tentang akibat yang terjadi jika menerapkan situasi yang berlawanan dari nilai yang diinternalisasikan (kepedulian ekonomi dan ketidakpedulian/acuh) 3) siswa dapat merasakan hidup dalam situasi yang berlawanan ataupun sama dengan nilai yang diinternalisasikan (kepedulian ekonomi dan ketidakpedulian/acuh) 4) siswa memiliki pengalaman dalam mempraktikkan situasi yang berlawanan ataupun sama dengan nilai yang diinternalisasikan (kepedulian ekonomi dan ketidakpedulian/acuh) dan 5) siswa dapat menghargai nilai kepedulian ekonomi yang diinternalisasikan. Implementasi model Triprakoro dalam pembelajaran kepedulian ekonomi juga menghasilkan dampak penyerta/pengiring (nurturant effect) berupa keaktifan siswa dalam proses pembelajaran kreativitas siswa berkembang karena didorong untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam situasi yang berlawanan maupun sama dengan nilai yang diinternalisasikan melalui tahap problem solving melatih keterampilan sosial berupa komunikasi mengeluarkan pendapat menghargai pendapat teman dalam seluruh sintaks model. Respon siswa terhadap implementasi model Triprakoro dalam pembelajaran kepedulian ekonomi adalah sebagian besar siswa merasa senang dengan pembelajaran menggunakan model ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61690 |
Actions (login required)
View Item |