Pola Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga Suku Bugis Pesisir Danau Tempe / Musriadi Pranaputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga Suku Bugis Pesisir Danau Tempe / Musriadi Pranaputra

Pranaputra, Musriadi (2018) Pola Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga Suku Bugis Pesisir Danau Tempe / Musriadi Pranaputra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Musriadi Pranaputra. 2018. Pola Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga Suku Bugis Pesisir Danau Tempe. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (II) Dr. Sunaryanto M. Ed. Kata Kunci internalisasi pendidikan ekonomi keluarga Bugis danau Tempe. Penelitian ini mendeskripsikan terkait pola internalisasi dan implikasi nilai-nilai pendidikan ekonomi dalam budaya lokal keluarga suku bugis pesisir danau Tempe. Penelitian ini dilakukan dalam rangka menganalisis sejauh mana pola pendidikan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan ekonomi di dalam keluarga serta implikasinya terhadap budaya suku bugis pesisir danau Tempe. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pola internalisasi nilai-nilai pendidikan ekonomi pada keluarga suku bugis pesisir danau Tempe dan (2) implikasi nilai-nilai pendidikan ekonomi dalam budaya lokal keluarga suku bugis pesisir danau Tempe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Untuk menggali lebih dalam makna nilai-nilai pendidikan ekonomi dalam kaitannya dengan budaya lokal keluarga suku bugis pesisir danau Tempe. Proses pengambilan data dalam penelitian ini berdasarkan hasil wawancara keluarga nelayan dan petani. Sumber data penelitian adalah keluarga nelayan petani serta Macoa tappareng selaku kepala adat yang membimbing dan mengawasi penuh pelaksanaan adat istiadat leluhur masyarakat pesisir danau Tempe. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi wawancara mendalam dan observasi. Kemudian data diolah menggunakan analisis data Miles Huberman dan Saldana yang terdiri dari empat tahap yakni tahap (1) Data Collection (Pengumpulan Data) (2) Data Condensation (Kondensasi Data) (3) Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing and Verifyng (Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pola asuh dalam pendidikan ekonomi keluarga suku bugis pesisir danau tempe memiliki pola asuh otoriter demokratis dan situasional. Metode yang digunakan pun cukup beragam seperti metode pembiasan metode keteladanan metode pembinaan metode ganjaran dan hukuman dan metode Internalisasi. Keluarga suku bugis pesisir danau tempe menanamkan caring economy melalui budaya lokal yang ada seperti halnya Maccera Tappareng dan Maddoja Bine yang ditujukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas hasil alam yang melimpah. Budaya Sipakatau Sipakainge Sipakainge sebagai pesan leluhur yang ditujukan untuk menjaga keharmonisan dalam kehidupan keluarga masupun bermasyarakat. 2) Implikasi nilai-nilai pendidikan ekonomi dalam budaya lokal keluarga suku bugis pesisir danau Tempe ditemukan bahwa ada tiga nilai yang ada yakni nilai gotong royong nilai humanis dan nilai religius.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61385

Actions (login required)

View Item View Item