Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup dan modernitas individu terhadap perilaku konsumtif dimediasi oleh literasi ekonomi pada siswa SMA & MA di wilayah Kota Batu / Risnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup dan modernitas individu terhadap perilaku konsumtif dimediasi oleh literasi ekonomi pada siswa SMA & MA di wilayah Kota Batu / Risnawati

Risnawati (2017) Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup dan modernitas individu terhadap perilaku konsumtif dimediasi oleh literasi ekonomi pada siswa SMA & MA di wilayah Kota Batu / Risnawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Risnawati. 2017. Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga Gaya Hidup dan Modernitas Individu terhadap Perilaku Konsumtif Dimediasi oleh Literasi Ekonomi Pada Siswa Sma Ma Di Wilayah Kota Batu. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E. M.S. Ak. (2) Dr. H. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. CA Kata Kunci Pendidikan Ekonomi Keluarga Gaya Hidup Modernitas Individu Literasi Ekonomi dan Perilaku Konsumtif. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh antar variabel eksogen dan endogen yaitu pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumtif pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pengaruh modernitas individu terhadap perilaku konsumtif pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap literasi ekonomi pengaruh gaya hidup terhadap literasi ekonomi pengaruh modernitas individu terhadap literasi ekonomi pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumtif melalui literasi ekonomi pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif melalui literasi ekonomi dan pengaruh modernitas individu terhadap perilaku konsumtif melalui literasi ekonomi siswa SMA dan MA di wilayah kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan tehnik analisis data yaitu analisis SEM (Structural Equation Modelling). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA dan MA di wilayah kota Batu yang berjumlah 418 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 104 siswayang menyebar dalam tiga sekolah SMA dan MA di wilayah kota Batu. Penyebaran sampel ini menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa (2) gaya hidup berpengaruh positif tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa (3) modernitas individu tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa (4)Pendidikan ekonomi keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap literasi ekonomi (5) gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap literasi ekonomi (6) modernitas individu berpengaruh positif signifikan terhadap literasi ekonomi siswa (7) Literasi ekonomi tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif (8) Pendidikan ekonomi keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui literasi ekonomi (9) gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui literasi ekonomi dan (10) modernitas individu tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui literasi ekonomi siswa. Penelitian ini memberikan manfaat yaitu (1) Bagi guru sebagai bahan masukan untuk memberikan teori dan masukan terhadap siswa agar mampu berperilaku konsumsi yang rasional (2) Bagi pengembang ilmu diharapkan supaya hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pengembangan bidang keilmuan dan penjelasan teori khususnya pada teori hasil literasi ekonomi dan perilaku konsumsi. Selain itu diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan kajian pendidikan khususnya pada pendidikan ekonomi (3) Bagi program studi Pendidikan Ekonomi sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk mengembangkan dan merancang metode model-model serta strategi dalam pembelajaran ekonomi kreatif dan inovatif yang utamanya berkaitan dengan perilaku konsumsi (4) Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan masalah-masalah perilaku konsumtif . bisa menggunakan sampel yang lebih luas agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal atau mencari faktor-faktor lain yang juga dapat mempengaruhi perilaku konsumtif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61365

Actions (login required)

View Item View Item