Nursamsiah, Susi (2017) Pengembangan pembelajaran ekonomi Pancasila di Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Susi Nursamsiah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nursamsiah Susi. 2017. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Pancasila di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Program studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hari Wahyono M.Pd (II) Dr. Mit Witjaksono M. Ed Kata Kunci Pembelajaran Ekonomi Ekonomi Pancasila Undang-undang sistem pendidikan nasional Indonesia mengaharuskan pendidikan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang berkarakter pada nilai-nilai agama kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Undang-undang ini mengharuskan pendidikan di negara Indonesia berkarakter Pancasila dan UUD 1945. Artinya teori-teori dan praktik pendidikan yang diterapkan haruslah berkarakter pada kebudayaan Indonesia akan tetapi kenyataan menunjukkan dalam pembelajaran di lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia belum seutuhnya menggunakan teori-teori pendidikan khas yang sesuai dengan kebudayaan bangsa Indonesia bahkan teori-teori yang di terapkan dalam dunia pendidikan saat ini banyak mengadopsi dari luar begitu juga materi pembelajaran ekonomi materi pembelajaran ekonomi harusnya mencerminkan ekonomi Pancasila sebagai jati diri bangsa Indonesia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengidentifikasi kegiatan pembelajaran ekonomi yang terjadi selama ini menyusun desain panduan pembelajaran mengembangkan buku panduan pembelajaran ekonomi Pancasila mendeskripsikan kelayakan kemenarikan keefektifan produk dan mengevaluasi hasil uji coba. Penelitian ini mengkaji pola pembelajaran ekonomi berdasarkan perspektif ekonomi Pancasila dengan mendeskripsikan pembelajaran yang terjadi selanjutnya dikembangkan desain panduan pembelajaran ekonomi yang sejalan dengan Pancasila dan pasal 33 UUD 1945. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR) pelaksanaan dan uji coba produk dilakukan di kelas VIII SMP Wahidiyah Kepanjen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil validasi ahli dan praktisi terhadap produk yang yang di hasilkan adalah validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebesar 90% (sangat valid) validasi desain pembelajaran sebesar 64 4% (cukup valid) validasi ahli materi terhadap buku panduan guru sebesar 87 5 % (sangat valid) buku siswa sebesar 92 5% (sangat valid). Hasil uji coba perorangan diperoleh nilai rata-rata sebesar 76 9 % (cukup menarik) uji coba kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata sebesar 83 1 % (sangat menarik) nilai rata-rata pre-test sebesar 69 9 % dan nilai rata-rata post test sebesar 86 1% sedangkan hasil tanggapan pembelajaran seluruh siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 90.0% sehingga dapat disimpulkan produk ini sangat efektif digunakan. Produk pengembangan pembelajaran ekonomi Pancasila ini membantu siswa memahami dan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dan nilai demokrasi ekonomi Pasal 33 UUD 1945. ABSTRACT Nursamsiah Susi. 2017. Development of Pancasila Economic Learning in Junior High School. Economic Education Study Program. Faculty of Education State University of Malang. Counselor (1) Dr. Hari Wahyono M.Pd (II) Dr. Mit Witjaksono M. Ed Keywords Economic Learning Pancasila Economy The law of Indonesia s national education system requires education based on Pancasila and the 1945 Constitution that characterize the values of religion national culture of Indonesia and responsive to the demands of the changing times. This law requires that education in the state of Indonesia characterize Pancasila and the 1945 Constitution. It means that educational theories and practices applied must be characterized in Indonesian culture but the fact shows in the learning in educational institutions in Indonesia has not fully used educational theories Which is in accordance with the culture of the Indonesian nation even the theories applied in the world of education today adopt many from the outside as well as the subject of economic learning economic learning materials should reflect the Pancasila economy as the identity of the Indonesian nation. The objectives of this research are to identify the economic learning activities that have occurred so far to design the instructional guides to develop the Pancasila economic learning guide book to describe the feasibility attractiveness effectiveness of the products and to evaluate the test results. This study examines the economic learning pattern based on the economic perspective of Pancasila by describing the learning that happened then developed the design of economic learning guide which is in line with Pancasila and article 33 UUD 1945. This research development using Design Based Research (DBR) approach In Grade VIII of Wahidiyah Kepanjen Junior High School. Data analysis techniques used descriptive qualitative analysis descriptive quantitative analysis and descriptive statistical analysis. The result of validation of expert and practitioner to the product that is produced is validation of Learning Plan (RPP) of 90% (very valid) validation of learning design by 64 4% (valid enough) material expert validation to teacher manual of 87 5% (very valid) student book of 92.5% (very valid). Individual test results obtained an average value of 76.9% (quite interesting) small group trial obtained an average value of 83.1% (very interesting) the average value of pre-test of 69.9% And the average post-test value of 86.1% while the result of learning responses of all students obtained an average value of 90.0% so it can be concluded this product is very effective to use. Pancasila s economic learning development product helps students understand and internalize the values of Pancasila and economic democratic value of Article 33 of the 1945 Constitution.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61359 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |